Ilustrasi dapur dengan nuansa warna abu-abu, pencahayaan di dapur. (SHUTTERSTOCK/SERGHEI STARUS)
Ilustrasi dapur dengan nuansa warna abu-abu, pencahayaan di dapur. (SHUTTERSTOCK/SERGHEI STARUS) ( KOMPAS.COM)

10 Tips Desain Dapur Sesuai Feng Shui supaya Hadirkan Energi Positif

13 Februari 2023 21:04 WIB

SONORABANGKA.ID - Pada feng shui, dapur adalah salah satu ruangan yang penting di rumah. Desain dapur sesuai feng shui adalah tentang mengikuti aturan tertentu untuk menciptakan energi baik yang akan meningkatkan kesejahteraan dan kebahagiaan Anda.

Dikutip dari Living Etc, Senin (13/2/2023), menurut feng shui, penempatan kompor, kehadiran warna, tanaman, karya seni tertentu, dan lainnya memainkan peran penting dalam mengoptimalkan aliran qi atau energi alami yang ada di suatu ruangan.

Saat semua elemen menyatu, dapur otomatis menjadi tempat yang nyaman untuk memasak, bersosialisasi, dan menghabiskan waktu.

Berikut beberapa tips desain dapur menurut feng shui agar mendatangkan energi positif.

1. Tempatkan kompor sejajar dengan pintu dapur

Posisi kompor sangat penting di dapur, kata Anjie Cho, pakar feng shui. Menurut Cho, kompor harus dalam posisi perintah, yakni diposisikan sehingga Anda dapat melihat pintu saat memasak.

Ini karena sebagai manusia, sudah melekat dalam diri kita untuk selalu menghadap ke depan terhadap bahaya, tidak dengan punggung. Kalau Anda tidak dalam posisi perintah, Anda mentransfer stres ke dalam makanan yang Anda konsumsi.

Jika Anda tidak dapat melihat pintunya, Anda dapat meletakkan cermin atau benda reflektif di depan kompor sehingga pintunya terlihat di dalamnya, terang Cho.

Yang tak kalah pentingnya adalah penempatan dapur di rumah. Saat merencanakan desain ulang dapur modern, gunakan kesempatan untuk mendorong dapur ke bagian belakang rumah.

Sebab, menurut feng shui, menempatkan dapur di area pintu masuk rumah berarti para tamu dapat datang untuk makan dan kemudian segera pergi.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm