Ilustrasi ikan ayam ayam.
Ilustrasi ikan ayam ayam. ( DOK.SHUTTERSTOCK/F.J. Andri Setiawan)

Cocok Buat Menu Bakaran, Berikut cara Bersihkan Ikan Ayam-Ayam

14 Februari 2023 16:39 WIB

SonoraBangka.id - Ikan ayam-ayam sedikit berbeda dengan ikan pada umumnya. Pasalnya, tekstur dari jenis ikan yang satu ini cukup keras. Maka dari itu, ada teknik khusus untuk membersihkan ikan ayam-ayam yang bisa kamu ikuti dengan mudah dari majalah Sedap ED 11/2012 penerbit Gramedia.

1. Iris lubang bawang perut

Cara membersihkan ikan ayam-ayam yang pertama adalah iris lubang bawang perut dengan menggunakan pisau. Setelah itu, tarik ke luar isi dan kotoran ikan. Buang sirip di punggung ikan sampai menuju kepala yang termasuk dalam kulit dan tulang kerasnya.

2. Lepaskan kulit ikan

Tarik dan lepaskan kulit ikan dari punggung menuju ke ekor hingga perut bagian bawang. Kamu perlu menariknya sekuat tenaga hingga ke mulut ikan.

3. Lakukan hal yang sama

Di sisi lain ikan ayam-ayam, lakukan hal yang sama seperti menarik sekuat tenaga kulit yang sudah diiris.

4. Gabungkan kedua kulit

Kalau sudah berhasil menariknya, gabungkan kedua kulit dan tarik secara bersamaan. Maka kulit ikan ayam-ayam akan terlepas dan menyisakan daging ikan dengan dagingnya.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "4 Cara Bersihkan Ikan Ayam-ayam, Cocok untuk Menu Bakaran", Klik untuk baca: https://www.kompas.com/food/read/2023/02/14/121300875/4-cara-bersihkan-ikan-ayam-ayam-cocok-untuk-menu-bakaran.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm