SOP perawatan wajib 5.000 kilometer di bengkel resmi Astra Daihatsu Majapahit Semarang(Dicky Aditya Wijaya)
SOP perawatan wajib 5.000 kilometer di bengkel resmi Astra Daihatsu Majapahit Semarang(Dicky Aditya Wijaya) ( KOMPAS.COM)

Ketemu dengan Biaya Servis Mobil yang Murah, Coba Perhatikan Rinciannya

14 Februari 2023 22:20 WIB

SONORABANGKA.ID - Adalah Biaya servis mobil bisa sangat beragam dari bengkel satu dengan yang lainnya. Mulai dari sebutan pekerjaannya hingga mendetail pada rincian pekerjaannya.

Kadang-kadang ada bengkel yang menawarkan biaya servis yang sangat murah. Temuan tersebut tentu menimbulkan pertanyaan, jenis pekerjaan apa yang dilakukan dengan perkiraan biaya tersebut.

Lantas, bagaimana cara memahami fenomena terjadinya ragam biaya servis di bengkel?

Pemilik Aha Motor Hardi Wibowo mengatakan, setiap bengkel memiliki hak untuk menentukan harga pada layanan yang diberikan itu tidak menjadi masalah, tapi ada yang perlu diperhatikan pada rincian pekerjaannya.

“Ada bengkel yang menawarkan layanan dipatok secara parsial, namun ada juga yang sudah sepaket, dengan demikian suatu layanan yang sama bisa berbeda harga,” ucap Hardi kepada Kompas.com, (13/2/2023).

Dia mengatakan umumnya untuk memberikan kesan biaya servis yang murah, maka layanan disajikan secara parsial.

“Misal biaya tune-up, itu bisa digabung sepaket dan terpisah, ada yang memisahkan antara tune-up dan scanning ECU, sehingga biaya tune-up menjadi lebih murah, ada juga yang menggabungkan,” ucap Hardi.

Menurut Hardi perbedaan penyajian layanan tersebut mempunyai kelebihan dan kekurangan masing-masing.

“Yang justru perlu diperhatikan pelanggan atau pemilik mobil adalah bukan harganya, tapi rincian pekerjaannya, karena bisa saja biaya servis suatu bengkel murah tapi tidak lengkap,” ucap Hardi.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Ketemu Biaya Servis Mobil yang Murah, Coba Perhatikan Rinciannya", Klik untuk baca: https://otomotif.kompas.com/read/2023/02/14/114200015/ketemu-biaya-servis-mobil-yang-murah-coba-perhatikan-rinciannya.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm