ilustrasi scallop.
ilustrasi scallop. ( SHUTTERSTOCK/Wichai churtchurattanakul)

Tetap Segar Dan Tahan Lama, Berikut Ini 2 Tips Menyimpan Scallop

19 Februari 2023 14:10 WIB

SonoraBangka.id - Scallop atau daging kerang harus dimasak dalam keadaan masih segar. Jadi, penyimpanan seafood ini harus tepat. Sama dengan bahan makanan lainnya, menurut Daniel Deadrick, koki di Komunal 88, kunci mempertahankan kesegaran scallop adalah memerhatikan tempat simpannya. Sebab, temperatur ruang penyimpanan akan memengaruhi daya tahan scallop. Simak dua cara menyimpan scallop berikut ini.

1. Kemas dalam wadah tertutup

Jangan biarkan scallop di ruang terbuka terlalu lama. Menurut Daniel, hal ini bisa menurunkan kualitas scallop. "Harus tertutup, jangan sampai ada udara masuk. Bisa divakum atau pakai kontainer kedap udara," kata Daniel saat ditemui Kompas.com dalam acara Chef in da Hood di Green Canyon Restaurant, The Alana Hotel & Conference Sentul City pada Jumat (10/2/2023). 

2. Simpan di freezer

Sama halnya dengan suhu ruang, kulkas juga kurang tepat untuk menyimpan scallop dalam waktu lama. Perbedaan suhu dingin kulkas juga lumayan jauh dengan frozen, membuatnya tidak aman disimpan terlalu lama. "Kalau cuma sebentar, misalnya seminggu, scallop aman disimpan di kulkas. Kalau mau berbulan-bulan bisa disimpan di freezer," tutur Daniel.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "2 Cara Simpan Scallop agar Tetap Segar dan Tahan hingga Berbulan-bulan", Klik untuk baca: https://www.kompas.com/food/read/2023/02/17/150300875/2-cara-simpan-scallop-agar-tetap-segar-dan-tahan-hingga-berbulan-bulan.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm