ilustrasi telur
ilustrasi telur ( PIXABAY/COULEUR)

Hindari Kulitnya Yang Pucat, Berikut Cara Pilih Telur Buat Bikin Kue

19 Februari 2023 20:31 WIB

SonoraBangka.id - Pada saat akan membuat kue, ada banyak faktor yang perlu diketahui agar hasilnya maksimal. Salah satu yang perlu diperhatikan adalah pemilihan telur sebagai salah satu bahan utama membuat kue. Dilansir dari buku "Easy Baking - 50 Resep Mudahnya Membuat Cake (Cocok Untuk Pemula)" (2023) oleh Vanessa Maria Aprinia Noya terbitan PT Gramedia Pustaka Utama, ada empat cara memilih telur untuk membuat kue yang mudah diikuti. 

1. Lihat bagian luar kulitnya

Pilih telur dengan warna kulit cokelat agak gelap. Hindari yang berwarna putih pucat dan bintik.

2. Bagian putih menempel pada kuningnya

Pastikan untuk memecahkan telur di wadah terpisah dengan bahan lainnya. Pastikan saat membuka telur, bagian putihnya menempel pada kuning.

3. Bentuk kuningnya seperti bola

Lihat juga dibagian kuningnya, pastikan bentuk dari kuning telur yang akan digunakan masih bulat seperti bola ping pong.

4. Telur tidak boleh diletakkan dalam kulkas

Pastikan untuk tidak menggunakan telur yang masih dingin atau baru saja keluar dari kulkas. Jika sudah terlanjut masuk kulkas, tunggu hingga telur mencapai suhu ruang. Hal ini berkaitan dengan fungsi telur untuk bikin kue yang bisa mengentalkan adonan.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "4 Cara Pilih Telur untuk Bikin Kue, Hindari Kulit yang Pucat ", Klik untuk baca: https://www.kompas.com/food/read/2023/02/13/121300075/4-cara-pilih-telur-untuk-bikin-kue-hindari-kulit-yang-pucat-.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm