Jokowi duduk di dalam Esemka Bima EV di IIMS 2023(KOMPAS.com/Sendy)
Jokowi duduk di dalam Esemka Bima EV di IIMS 2023(KOMPAS.com/Sendy) ( KOMPAS.COM)

Jokowi Berharap Indonesia Bisa Juara di Ajang Otomotif Dunia

19 Februari 2023 22:52 WIB

SONORABANGKA.ID - Adalah Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) berharap Indonesia tidak cuma dapat juara di sektor industri otomotif, tetapi juga dalam ajang otomotif dunia termasuk motorsport.

Pasalnya, Tanah Air mempunyai sejumlah atlet berprestasi seperti Rio Haryanto, Mario Aji, Ananda Mikola, Tinton Suprapto, hingga Rifat Sungkar. Apabila dikelola dengan baik, sumber daya tersebut bisa menjadi buah yang manis.

Demikian disampaikannya melalui video yang ditayangkan dalam acara Ikatan Motor Indonesia (IMI) Awards 2023 di Jakarta, Sabtu (18/2/2023) malam.

"Target kita Indonesia bukan hanya menjadi juara dalam industri otomotif dunia, tetapi juga juara dalam ajang kejuaraan otomotif," kata Jokowi.

Jokowi mengatakan tahun lalu Indonesia telah berhasil menggelar acara internasional MotoGP di Mandalika, Nusa Tenggara Barat, yang dihadiri secara fisik oleh 100.000 lebih orang.

Ia menyebut pada 2023 ini Indonesia juga akan kembali menggelar acara yang sama, serta kompetisi Formula E di DKI Jakarta.

Dalam kesempatan sama, Jokowi pun mengapresiasi IMI yang memberi penghargaan kepada sejumlah atlet olahraga bermotor di Indonesia. Ia berharap momentum itu dapat menjadi pemicu semangat bagi para atlet di Indonesia.

"Saya menyambut baik IMI Awards sebagai bentuk penghargaan kepada para atlet olahraga bermotor," kata dia. Sebelumnya, pihak IMI menetapkan Jokowi sebagai Bapak Otomotif Indonesia dalam ajang IMI Awards 2023.

Ketua Umum IMI Pusat Bambang Soesatyo menjelaskan, sejumlah pertimbangan atas pemberian gelar tersebut lantaran Jokowi dinilai berjasa dalam membangkitkan dunia otomotif nasional.

Salah satunya melalui kejuaraan dunia otomotif nasional yang kemudian dinilai telah berhasil menggerakkan roda perekonomian nasional di tengah gempuran pandemi Covid-19.

Di antaranya melalui World Superbike (WSBK), MotoGP, MiniGP, MXGP, Formula-E, Rally Internasional, F1 Powerboat Seri Dunia 2023, rencana Leman's Asia Series, dan Formula-1 di Indonesia.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Jokowi Ingin Indonesia Bisa Juara di Ajang Otomotif Dunia", Klik untuk baca: https://otomotif.kompas.com/read/2023/02/19/154141115/jokowi-ingin-indonesia-bisa-juara-di-ajang-otomotif-dunia.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm