Ilustrasi kopi mentega khas kopitiam di Singapura atau kopi gu you.
Ilustrasi kopi mentega khas kopitiam di Singapura atau kopi gu you. ( SHUTTERSTOCK/THAMKC)

Cocok Untuk Sarapan, Berikut Cara Membuat Butter Coffee Ala Kopitiam

20 Februari 2023 21:27 WIB

SonoraBangka.id - Kopitiam adalah kedai kopi dan sarapan khas dari Malaysia serta Singapura, Indonesia terutama di daerah Kepulauan Riau, Pekanbaru, dan Bangka Belitung juga sering ditemui. Kedai kopitiam mempunyai menu populer, salah satunya butter coffee atau kopi mentega, dibuat dari bahan, kopi, mentega, minyak kelapa, dan kayu manis. Biasanya disuguhkan dalam cangkir dan bersama sajian roti bakar sarikaya atau telur setengah matang. Simak resep butter coffee ala kopitiam, dilansir dari laman Times of India, berikut selengkapnya. 

Resep butter coffee

Bahan:

500 ml air

2 sdt minyak kelapa

Sejumput bubuk kayu manis

2 sdt butter

1 sdt kopi

Cara membuat butter coffee:

1. Masukkan air dan bubuk kopi ke dalam panci, biarkan hingga mendidih.

2. Tambahkan minyak kelapa, butter, sejumput bubuk kayu manis, dan kopi yang diseduh dalam cangkir. Aduk sampai tercampur rata atau hingga berbusa. 

3. Butter coffee siap disajikan. 

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Resep Butter Coffee ala Kopitiam untuk Sarapan", Klik untuk baca: https://www.kompas.com/food/read/2023/02/20/190500175/resep-butter-coffee-ala-kopitiam-untuk-sarapan.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm