Ilustrasi jahe merah.
Ilustrasi jahe merah. ( Shutterstock/Masitah Harun)

Bukan Cuma Direbus, Berikut 3 Cara Mengolah Jahe Merah Untuk Minuman

20 Februari 2023 21:42 WIB

SonoraBangka.id - Jahe merah bisa dimanfaatkan sebagai campuran minuman hangat yang cocok diminum saat hujan tiba. Sebelum dicampur ke dalam makanan maupun minuman, kamu bisa mengolah jahe merah lebih dulu. Dua barista sekaligus content creator, Ulfa Uljannah dan Zikri Mubarak, menjelaskan cara mengolah jahe merah yang bisa kamu ikuti berikut ini.

1. Rebus jahe merah

Sama halnya dengan empon-empon lain, menggeprek jahe merah akan membantu rimpang ini mengeluarkan aroma dan rasanya saat dimasak.  "Sebelum digeprek, biasanya aku bersihkan dulu kulitnya. Cuci saja memakai air mengalir sampai bersih," ujar Ulfa saat ditemui dalam acara Redgin Coffee Mocktail Showcase, Selasa (14/2/2023). Jahe merah geprek kemudian bisa direbus hingga aromanya keluar. Tunggu air mendidih, baru masukkan jahenya. 

2. Cincang jahe merah

Zikri mengatakan, jahe merah bisa dicincang saja bila tidak ingin ribet. Pengolahan ini membantu aroma dan rasanya keluar saat dicampur ke dalam minuman. "Kalau gak dicincang, nanti susah hancur. Kalau membuat moktail kan ada metode shaking, biasanya gampang hancur di dalam shaker bersama es batu. Itu membantu mengeluarkan rasanya," jelas Zikri.

3. Buat sirup jahe merah 

Terakhir, kamu bisa membuat sirup jahe merah. Saran pembuatannya ada dua. Menurut Ulfa, jahe merah bubuk seperti Redgin, bisa dilarutkan dalam satu liter air, kemudian dipakai untuk campuran minuman. Kedua, kamu bisa mengikuti saran Zikri dengan membuat sirup jahe merah menggunakan tiga bahan "Biasanya, aku pakai 500 mililiter air, 500 mililiter gula pasir, dan 100 gram jahe yang sudah diiris tipis," tutur Zikri. Setelah dimasak dan tercampur merata, kamu bisa mendiamkan lebih dulu sirup jahe merah ini selama dua hingga tiga jam sebelum disimpan.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "3 Cara Olah Jahe Merah untuk Minuman, Bukan Cuma Direbus", Klik untuk baca: https://www.kompas.com/food/read/2023/02/20/160200075/3-cara-olah-jahe-merah-untuk-minuman-bukan-cuma-direbus.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm