Ekspor Toyota Innova Zenix Hybrid(KOMPAS.com - Rully Kurniawan)
Ekspor Toyota Innova Zenix Hybrid(KOMPAS.com - Rully Kurniawan) ( KOMPAS.COM)

Menperin Usul Toyota Indonesia Sebagai National Lighthouse

22 Februari 2023 19:29 WIB

SONORABANGKA.ID - Adalah Menteri Perindustrian RI (Menperin) Agus Gumiwang Kartasasmita mengusulkan Toyota Indonesia diberikan titel atau predikat National Lighthouse.

Permohonan tersebut seiring dengan perjalanan perseroan yang terus berkontribusi di dalam negeri selama 50 tahun belakangan dengan berbagai inovasinya, seperti selalu meningkatkan ekspor, menghadirkan produk sesuai permintaan pasar, dan lain-lain.

Demikian disampaikan Agus dalam Seremoni Ekspor Perdana Kendaraan Elektrifikasi Lokal Toyota dari Indonesia melalui Kijang Innova Zenix Hybrid di Karawang, Jawa Barat, Selasa (21/2/2023).

“50 tahun bukan waktu yang pendek. Toyota lewat TMMIN jadi salah satu perusahaan yang hadir saat di mana Indonesia memulai proses industrialisasi saat itu. Sampai saat ini mereka seperti tidak kehabisan inovasi," kata Menperin.

"Salah satu inovasinya sekarang, mengekspor kendaraan elektrik pertama yaitu Kijang Innova Zenix Hybrid. Ini adalah wujud nyata salah satu inovasi anak bangsa yang bisa menembus pasar ekspor," lanjut Agus.

Selain itu, ia juga memberikan apresiasi kepada Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) yang sudah melibatkan para pelaku Industri Kecil Menengah (IKM) komponen otomotif di dalam negeri.

Tidak lupa juga, usaha perseroan yang sudah melaksanakan ekspor mobil buatan lokal ke Australia tahun lalu.

Upaya ini memperkuat rantai pasok di Tanah Air menjadi terintegrasi dari hulu hingga hilir. Dengan predikat National Lighthouse, diharapkan Toyota Indonesia menjadi tolak ukur dari industri sejenis yang berada di Indonesia.

"Kemudian total investasi Toyota Indonesia mencapai Rp 77,9 triliun dengan tambahan Rp 27,1 triliun hingga tahun 2026. Ini komitmen luar biasa," ujar Agus.

Kapasitas produksi TMMIN yang mencapai sekitar 320.000 unit per tahun pun turut jadi perhatian dalam pengajuan pemberian titel tersebut. Sebab di sana, ada 440.000 unit engine dan part yang diproduksi dengan melibatkan lebih dari 88.000 jiwa anak bangsa.

“Ekspornya pada tahun 2022 mencapai 136.000 unit CBU, dengan total ekspor secara kumulatif sampai dengan tahun 2022 mencapai lebih dari dua juta unit ke lebih dari 100 negara di Timur Tengah, Afrika, Asia Selatan, Asia Tenggara, Asia Timur, Amerika Latin, Oceania, dan Australia,” sebut Agus.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Menperin Usul Toyota Indonesia Jadi National Lighthouse", Klik untuk baca: https://otomotif.kompas.com/read/2023/02/22/070200815/menperin-usul-toyota-indonesia-jadi-national-lighthouse.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm