Beberapa tipe ban merek Bridgestone.(Kompas.com/Alsadad Rudi)
Beberapa tipe ban merek Bridgestone.(Kompas.com/Alsadad Rudi) ( KOMPAS.COM)

Jaga-jaga Kena Ranjau Paku Bisa Menggunakan Cairan Anti Ban Bocor

22 Februari 2023 22:20 WIB

SONORABANGKA.ID - Adalah Ranjau paku di jalan menjadi ancaman bagi pengendara mobil maupun motor. Lebih parahnya, kejadian itu diduga sengaja disebar oknum untuk meraup keuntungan pribadi.

Menyikapi fenomena tersebut, salah satu produsen ban di Indonesia akan mengambil langkah efektif dengan mendatangkan produk baru dari luar negeri berupa cairan anti bocor yang diklaim ramah terhadap pelek.

Tentu ini menjadi kabar yang cukup menggembirakan bagi pengendara di tanah air. Siapa tahu dengan cairan anti bocor tersebut, bisa menjadi alternatif untuk menghadapi ranjau paku di jalan daripada harus membeli ban RFT yang harganya masih sangat tinggi.

Head of Original Equipment (OE) Bridgestone Indonesia Fisa Rizqiano mengatakan saat ini Bridgestone tengah mengembangkan teknologi baru terkait penggunaan cairan anti bocor pada ban.

“Teknologi baru ini berupa inside sealant yang berbahan dasar silikon, yang dinamakan B-Seal, teknologi ini terbilang masih baru dan belum ada di Indonesia,” ucap Fisa kepada Kompas.com, Selasa (21/2/2023).

Dia mengatakan produk tersebut mempunyai beberapa kelebihan daripada cairan anti bocor lainnya yang sudah beredar di pasaran terlebih dulu.

“Kelebihannya, sealant tersebut bisa dilepas pada saat hendak ditambal ketika terjadi bocor ban, selain itu sealant ini ramah terhadap pelek karena sudah dikembangkan dengan teliti dan mempertimbangkan banyak faktor,” ucap Fisa.

Tapi, belum ada kepastian apakah produk ini bisa mengantisipasi ranjau jenis paku yang berongga seperti paku rivet atau besi payung yang selama ini menggemparkan masyarakat.

“Untuk jenis paku ini, saya harus pastikan lagi apakah sealant tersebut bisa menutup lubang paku ketika tertusuk atau tidak, jadi belum bisa jawab untuk hal ini,” ucap Fisa.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Jaga-jaga Kena Ranjau Paku Bisa Pakai Cairan Anti Ban Bocor", Klik untuk baca: https://otomotif.kompas.com/read/2023/02/22/141200115/jaga-jaga-kena-ranjau-paku-bisa-pakai-cairan-anti-ban-bocor.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm