Ilustrasi kecap asin.
Ilustrasi kecap asin. ( PIXABAY/ PublicDomainPictures)

Padukan Kecap Asin Dan Cuka Beras, Berikut Resep Saus Cocolan Lumpia

26 Februari 2023 12:58 WIB

SonoraBangka.id - Fahmi MasterChef Indonesia season 10 membuat vegetable spring roll dengan saus berbahan moster pada episode Sabtu (25/02/2023). Namun, menurut para juri saus tersebut kurang cocok dengan spring roll atau lumpia. Juri menyampaikan bahwa saus cocolan yang tepat untuk lumpia berbahan dasar kacang atau saus dengan cita rasa asam. Menurut The Spruce Eats, terdapat berbagai macam saus yang cocok untuk cocolan lumpia. Beberapa di antaranya adalah saus cabai thailand, saus kecap asin, atau saus jamur. Apabila ingin membuat sendiri saus cocolan lumpia, kamu bisa menggunakan kecap asin, cuka beras, dan bawang putih. Semua bahan saus cocolan lumpia ini berbahan dasar nabati sehingga ramah vegetarian. Simak resep saus cocolan lumpia selengkapnya di bawah ini. 

Resep saus cocolan lumpia

Bahan saus cocolan lumpia

60 ml air

1 sdt tepung maizena

60 ml kecap asin

2 sdm cuka beras

2 siung bawang putih, cincang

2 sdm gula

Cara membuat saus cocolan lumpia

1. Siapkan mangkuk kecil. Masukkan air dan tepung maizena, campur rata.

2. Tuang larutan maizena ke dalam wajan kecil. Masukkan kecap asin, cuka beras, bawang putih cincang, dan gula. Aduk sampai tercampur rata.

3. Masak saus dengan api sedang selama tiga sampai lima menit. Aduk sesekali sampai gula larut. Saus akan mengental. Tambahkan air jika mau saus lebih encer.

4. Angkat panci. Tuang saus ke dalam mangkuk. Biarkan sampai dingin sebelum digunakan sebagai cocolan lumpia.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Resep Saus Cocolan Lumpia, Padukan Kecap Asin dan Cuka Beras", Klik untuk baca: https://www.kompas.com/food/read/2023/02/26/090600975/resep-saus-cocolan-lumpia-padukan-kecap-asin-dan-cuka-beras.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm