ustrasi ebi kering dalam mangkuk.
ustrasi ebi kering dalam mangkuk. ( SHUTTERSTOCK/ Aomas)

Gunakan 4 Bahan Berikut Untuk Masak Makanan Sehat Tanpa Gunakan MSG

26 Februari 2023 13:07 WIB

SonoraBangka.id -  Makanan sehat biasanya identik dengan rasa yang cenderung hambar karena tidak menggunakan monosodium glutamate (MSG) dalam proses pengolahannya. MSG kerap digunakan sebagai zat aditif penyempurna cita rasa masakan. MSG juga bisa menambahkan rasa umami atau gurih pada masakan. 

Berdasarkan Peraturan Menteri Kesehatan No. 33 Tahun 2012, MSG merupakan zat aditif penguat rasa paling aman dikonsumsi. Namun, konsumsi MSG secara berlebihan bisa membahayakan tubuh. Melansir Medical News Today, efek samping mengonsumsi MSG berlebihan bisa menimbulkan mual, kemerahan pada kulit, hingga nyeri dada. 

Organisasi Kesehatan Dunia atau WHO menetapkan konsumsi MSG yang aman bagi tubuh adalah 0 - 120 mg per kilogram berat badan per hari.  Yasinta Dewi Prasinta selaku pemilik usaha makanan sehat Omnivour mengatakan, ada cara membuat makanan sehat tanpa MSG tetapi rasa masakan tetap enak dan gurih. "Pengganti MSG buat makanan sehat bisa pakai bumbu rempah alami, seperti ketumbar, ebi atau udang kering, chicken powder, kaldu jamur juga bisa," kata Yasinta saat ditemui Kompas.com, Rabu (22/02/2023). Yasinta menambahkan, chicken powder dan kaldu jamur bisa menghasilkan rasa gurih layaknya MSG.  "Karna kan kalau chicken powder itu base-nya terbuat dari ayam, ayam sendiri rasanya juga sudah gurih, mirip seperti garam atau MSG," lanjut Yasinta. L

1. Ketumbar

Ketumbar adalah rempah yang bentuknya bulat dan ukurannya kecil seperti biji. Walaupun aroma ketumbar cenderung ringan tetapi bisa meningkatkan rasa gurih dari masakan. Cara menambahkan ketumbar sebagai pengganti MSG ke dalam masakan sehat sangat mudah. Ketumbar dihaluskan menggunakan ulekan, kemudian ditaburkan ke dalam masakan. Kamu juga bisa menggunakan jenis ketumbar bubuk yang tersedia di toko swalayan dalam bentuk saset.

2. Ebi

Ebi adalah udang yang dikeringkan dan memiliki tekstur renyah. Biasanya, ebi digunakan sebagai penyedap makanan tumisan maupun berkuah. Ukuran ebi yang mungil bisa langsung dimasukkan begitu saja ke dalam masakan.  Jika ingin rasa gurihnya lebih kuat, ebi bisa disangrai atau dihaluskan terlebih dahulu. 

3. Kaldu ayam bubuk

Chicken powder atau kaldu ayam bubuk bisa menjadi salah satu alternatif bahan pengganti MSG. Kaldu ayam bubuk terbuat dari sari rebusan ayam yang kemudian dikeringkan hingga menjadi bubuk. Penggunaan kaldu ayam bubuk ini mudah, tinggal tabur secukupnya ke dalam masakan. Rasa kaldu ayam bubuk ini gurih dan punya aroma kuat.

4. Kaldu jamur

Selain kaldu ayam bubuk, Yasinta juga menyarankan untuk menggunakan kaldu jamur sebagai pengganti MSG. Kaldu jamur terbuat dari jamur yang sudah dikeringkan kemudian ditumbuk hingga halus menjadi bubuk. Kaldu jamur saat ini mudah ditemukan di pasar maupun toko swalayan dalam bentuk saset.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Cara Masak Makanan Sehat Tanpa MSG tapi Tetap Gurih, Pakai 4 Bahan Ini", Klik untuk baca: https://www.kompas.com/food/read/2023/02/26/100700275/cara-masak-makanan-sehat-tanpa-msg-tapi-tetap-gurih-pakai-4-bahan-ini.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm