Gimik subsidi Rp 7 juta untuk pembelian motor listrik di Indonesia International Motor Show (IIMS) 2023(Kompas.com/Donny)
Gimik subsidi Rp 7 juta untuk pembelian motor listrik di Indonesia International Motor Show (IIMS) 2023(Kompas.com/Donny) ( KOMPAS.COM)

Subsidi Enggak Kunjung Turun, Bisa Hambat Penjualan Motor Listrik

26 Februari 2023 19:45 WIB

SONORABANGKA.ID - Adalah Pemerintah berencana memberikan subsidi pembelian motor listrik untuk mengejar target penjualan sebesar 2 juta unit hingga tahun 2024.

Namun demikian, subsidi harus segera disahkan. Sebab masyarakat yang sudah memiliki niat membeli bakal menunda sementara rencananya.

“Subsidinya kan enggak turun-turun itu yang menghambat, juga orang kan wait and see. Tapi kalau bisa cepat itu bagus,” Pendiri Komunitas Sepeda Motor Listrik (Kosmik) Peter Kho, saat ditemui di pameran IIMS 2023 (23/2/2023).

Walau begitu, Peter sangat mengapresiasi rencana subsidi motor listrik yang bakal diberikan pemerintah. Menurutnya, subsidi sebetulnya sudah diharapkan sejak 2007.

“Dulu sebenarnya saya tahun 2007 itu bahan presentasi saya di DPR membujuk pemerintah kasih subsidi. Jadi pengalihan BBM ke kendaraan listrik. Itu presentasi saya tahun 2007, sekarang baru diwujudkan,” ucap Peter.

“Sebenarnya dulu saya minta ke DPR (subsidi) 100 persen untuk pembelian pertama. Cuma kan dari pemerintah dikasih Rp 7 juta. Intinya kalau mau percepatan, sebanyak mungkin,” kata dia.

Sementara itu, Ketua Umum Asosiasi Industri Sepeda Motor Listrik Indonesia (Aismoli) Budi Setiyadi, mengatakan, pihaknya juga turut menanti aturan subsidi disahkan.

“Kalau subsidi intinya kita masih menunggu, skemanya bagaimana, saya juga belum pernah dilibatkan dalam rapat, tapi kita sangat berharap subsidi itu kalau bisa dipercepat,” kata Budi, pada kesempatan yang sama.

“Karena sekarang ini begitu masyarakat mendengar ada subsidi, penjualan akan terhambat, (mereka) menunggu. Kita harapkan secepatnya,” ujarnya.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Subsidi Tak Kunjung Turun, Bisa Hambat Penjualan Motor Listrik", Klik untuk baca: https://otomotif.kompas.com/read/2023/02/26/112100315/subsidi-tak-kunjung-turun-bisa-hambat-penjualan-motor-listrik.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm