Ilustrasi parkir mobil(unsplash.com/Michael Fousert)
Ilustrasi parkir mobil(unsplash.com/Michael Fousert) ( KOMPAS.COM)

Prosedur Parkir Mobil Paralel yang Benar, Jangan Susahkan Kendaraan Lain

26 Februari 2023 21:05 WIB

SONORABANGKA.ID - Melakukan Parkir mobil di tempat umum ada aturannya, apalagi sudah berhubungan dengan parkir paralel. Metode parkir tersebut biasanya dilakukan ketika parkir di lahan yang terbatas, seperti di bahu jalan dan area parkir yang sudah penuh.

Parkir paralel adalah memposisikan mobil tidak sejajar dengan mobil lain, melainkan di depan atau dibelakangnya. Sementara parkir seri adalah memposisikan mobil sejajar dengan mobil lain.

Parkir paralel sebaiknya dihindari karena dapat mengganggu akses pengendara lainnya. Tapi, berbeda kondisinya kalau dalam keadaan terpaksa, maka dari itu perlu prosedur parkir mobil paralel yang benar.

Training Director Safety Defensive Consultant Indonesia (SDCI) Sony Susmana mengatakan, prosedur parkir paralel boleh dilakukan asal tidak mengganggu pengendara lain baik di pinggir jalan atau di area parkir.

“Biasanya, parkir paralel dilakukan di pinggir jalan dengan lahan parkir yang terbatas, sehingga mobil diposisikan segaris ke depan dan belakang, atau di area parkir yang sudah penuh,” ucap Sony kepada Kompas.com, Minggu (26/2/2023).

Bila terpaksa parkir paralel di tepi jalan usahakan untuk memposisikan mobil di area yang tepat.

“Pertama, pastikan berada di luar badan jalan, karena apabila tidak akan berpotensi terserempet mobil lain, pastikan juga area parkir tidak miring untuk menghindari kendaraan meluncur dengan sendirinya” ucap Sony.

Selanjutnya, Sony mengatakan posisi kemudi dan badan kendaraan harus sejajar dengan jalan supaya memudahkan saat didorong-dorong.

“Penting diingat saat mobil parkir paralel, pastikan posisi parking brake tidak diaktifkan dan tuas matik di Netral (N), caranya bisa menggunakan shift lock saat kunci sudah dicabut, sehingga posisi di P bisa dipindahkan ke N saat parkir,” ucap Sony.

Dengan demikian mobil bisa ditinggal dan aman, mobil bisa didorong maju dan mundur, apabila tidak yakin maka ban sedikit diganjal di bagian roda penggerak, untuk menghindari kendaraan bergerak sendiri.

“Parkir paralel sebenarnya menjadi alternatif terakhir apabila sudah tidak ada opsi parkir seri, jadi tetap cari parkir seri, sekalipun lebih jauh,” ucap Sony.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Prosedur Parkir Mobil Paralel yang Benar, Jangan Susahkan Orang Lain", Klik untuk baca: https://otomotif.kompas.com/read/2023/02/26/140100015/prosedur-parkir-mobil-paralel-yang-benar-jangan-susahkan-orang-lain.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm