Ilustrasi makanan sehat.
Ilustrasi makanan sehat. ( SHUTTERSTOCK/Nitr)

Hindari Minyak Banyak, Berikut Ini 3 Cara Membuat Makanan Sehat

27 Februari 2023 21:49 WIB

SonoraBangka.id -  Tren makanan sehat di Indonesia semakin meningkat sejak pandemi Covid-19. Banyak orang mulai fokus pada jenis hidangan yang disantap. Hal itu bisa dilihat dari banyaknya bisnis makanan sehat yang bermunculan selama tiga tahun terakhir. Salah satunya adalah Omnivour. Jika tidak sempat menyiapkan makanan sehat, memesan katering bisa menjadi solusi tepat bagi kamu yang sibuk. Namun, tak ada salahnya membuat sajian ini sendiri. Pemilik Omnivour, Yasinta Dewi Pradina, membagikan tiga cara membuat makanan sehat di rumah yang bisa kamu ikuti berikut ini.

1. Pakai bahan berkualitas baik

Pemilihan bahan makanan tentu penting diperhatikan sebelum memasak. Terutama bila ingin menyiapkan sajian sehat. Bahan makanan yang berkualitas baik bisa dilihat dari kesegarannya. Hindari menggunakan bahan yang terlalu lama disimpan. Yasinta mengatakan, bila menggunakan sayuran, kamu bisa memastikan apakah bahan tersebut bebas pestisida atau tidak. Jika datang langsung ke lahan tanamnya, coba tanyakan pada petani. Beberapa kemasan sayur juga menyantumkan penggunaan pestisida atau tidak. Perhatikan dengan baik sebelum membeli.

2. Jangan pakai banyak minyak

Minyak sering kali dihindari saat membuat makanan sehat. Hal ini memang benar dan juga disarankan oleh Yasinta. Menurutnya, mengonsumsi terlalu banyak minyak dapat berdampak buruk bagi kesehatan. "Bisa pakai teknik masak panggang atau masak pan seared, pakai sedikit minyak," kata Yasinta saat ditemui Kompas.com, Rabu (22/2/2023).

3. Sesuaikan porsi 

Tak kalah penting dengan dua poin sebelumnya, porsian dalam makanan sehat juga harus diperhatikan. Yasinta menyarankan, sebaiknya buat makanan sehat dengan porsi secukupnya, sesuai kebutuhan. "Tidak usah terlalu di mix and match kondimennya, yang penting ada protein, karbohidrat, dan vitamin," ujar dia.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "3 Cara Membuat Makanan Sehat di Rumah, Hindari Minyak Banyak", Klik untuk baca: https://www.kompas.com/food/read/2023/02/25/110200375/3-cara-membuat-makanan-sehat-di-rumah-hindari-minyak-banyak.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm