Perbaikan rem depan yang tidak pakem(GHULAM M NAYAZRI)
Perbaikan rem depan yang tidak pakem(GHULAM M NAYAZRI) ( KOMPAS.COM)

Yang Bisa Menyebabkan Rem Depan Motor Berdecit Saat Digunakan

27 Februari 2023 22:53 WIB

SONORABANGKA.ID - Adalah Salah satu kondisi yang mengganggu ketika sedang mengendarai motor adalah suara yang asing. Ada satu suara berdecit yang kerap keluar dari rem depan ketika sedang digunakan.

Saat berjalan, tidak ada suaranya, namun ketika tuas rem depan ditarik, baru keluar bunyi yang mengganggu telinga. Tapi, meski ada suara tersebut, fungsi dari rem tetap bekerja normal.

Lalu apa penyebab dari suara berdecit itu ketika tuas rem depan ditarik?

Endro Sutarno, Technical Service Division PT Astra Honda Motor mengatakan, ada tiga hal yang bisa menyebabkan rem berdecit ketika digunakan.

"Bisa jadi kampas rem yang kotor atau disc (cakram) yang kotor. Kedua, kampas sudah aus, sehingga besi di kampas menempel di bagian disc," ucap Endro kepada Kompas.com, Senin (27/2/2023).

Penyebab ketiga, suara tadi bisa muncul dari oil seal bearing roda yang mengering. Semua masalah di atas bisa diselesaikan dengan dibawa ke bengkel untuk dibersihkan.

Tapi jika ingin mencobanya sendiri, bisa saja melepas kaliper rem dan kampas, lalu dibersihkan dengan brake cleaner. Selain kampas, piringan cakram juga perlu dibersihkan.

Kemudian, kalau kampas remnya habis, maka segera ganti yang baru. Jadi ketika kembali digunakan rem kembali pakem dan suara berdecit yang mengganggu hilang.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Penyebab Rem Depan Motor Berdecit Saat Digunakan", Klik untuk baca: https://otomotif.kompas.com/read/2023/02/27/192100715/penyebab-rem-depan-motor-berdecit-saat-digunakan.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm