Kunjungan Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka, dan Direktur Lembaga Manajemen Aset Negara (LMAN) Basuki Purwadi di Tol Solo-Yogyakarta-YIA Kulonprogo di Solo, Senin (27/2/2023).
Kunjungan Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka, dan Direktur Lembaga Manajemen Aset Negara (LMAN) Basuki Purwadi di Tol Solo-Yogyakarta-YIA Kulonprogo di Solo, Senin (27/2/2023). ( KOMPAS.com)

Sri Mulyani sebut APBN Akan Terus Danai Proyek Strategis Nasional

28 Februari 2023 08:07 WIB

SonoraBangka.ID - Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mengatakan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) akan terus digunakan untuk membangun berbagai Proyek Strategis Nasional (PSN). Salah satunya, untuk pembangunan Jalan Tol Solo-Yogyakarta-YIA Kulonprogo. 

Menurutnya, anggaran total yang dikeluarkan pemerintah untuk proyek Tol Solo - Yogyakarta - YIA Kulon Progo dari sisi pembebasan lahan sepanjang 96,57 km telah mencapai Rp 5,9 triliun. Anggaran tersebut disalurkan melalui Lembaga Manajemen Aset Negara (LMAN). 

“Dari sisi pembebasan lahan saja yang menggunakan APBN pembiayaan untuk pembebasan utama mencapai Rp 5,9 triliun,” ujar Sri Mulyani dalam kunjungan kerja ke Tol Solo-Yogyakarta, Senin (27/2).

Selain itu, pemerintah juga memberikan dukungan APBN melalui penyertaan modal negara (PMN) dari APBN ke BUMN PT Adhi Karya sebesar Rp 1,4 triliun, untuk pembangunan konstruksi jalan tol.

"Jadi harus ada kontrak kinerja mengenai proyek di mana lokasinya dan berapa anggarannya sehingga kita bisa juga bersama Kementerian BUMN melakukan monitoring," kata Sri Mulyani.

Pemerintah, lanjut Sri Mulyani, menyadari pengerjaan proyek infrastruktur seperti jalan tol tak selalu berjalan mulus.

Bendahara negara mengatakan, penjaminan terhadap berbagai risiko melaksanakan sebuah proyek strategis nasional yang melewati berbagai lokasi dan tempat kediaman penduduk dan kegiatan ekonomi seperti persawahan memiliki kerumitan tersendiri. 

Oleh karena itu, dibuat suatu penjaminan agar proyek ini bisa berjalan tepat waktu, tepat kualitas, tepat biaya. Penjaminan ini dilakukan melalui penjaminan PT Penjaminan Infrastruktur Indonesia itu, di bawah Kementerian Keuangan yang juga mendapatkan anggaran dari APBN.

“Saya juga berterima kasih kepada Menteri PUPR dan BUMN yang bisa menyelesaikan secara berkualitas proyek ini. Kami tentu akan terus melaksanakan dan memonitor berbagai penggunaan uang dan PMN, terutama yang memang betul-betul bisa disampaikan kepada masyarakat sebagai bentuk akuntabilitas pengelola,” imbuhnya.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Sri Mulyani sebut APBN Akan Terus Danai Proyek Strategis Nasional", Klik untuk baca: https://money.kompas.com/read/2023/02/27/211239826/sri-mulyani-sebut-apbn-akan-terus-danai-proyek-strategis-nasional.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm