Ilustrasi makanan yang dibakar dengan menggunakan clay pot
Ilustrasi makanan yang dibakar dengan menggunakan clay pot ( DOK.FOODANDWINE.COM/ANTONIO DIAZ)

Berikut Ini 4 Cara Menggunakan Clay Pot Alat Untuk Bakaran

28 Februari 2023 14:52 WIB

SonoraBangka.id - Clay pot adalah alat dapur yang berfungsi untuk menghangatkan masakan lebih lama saat disajikan. Selain itu kamu bisa menjadikannya alat untuk membakar masakan, terutama bagi yang tidak memiliki halaman belakang sebagai tempat membakar. Sedikan serpihan kayu berukuran kecil serta tempat pemanggang bulat berukuran sedang, masak selama delapan menit dan diamkan kurang lebih 20 menit. Simak cara menggunakan clay pot untuk alat bakar masakan, dikutip dari laman Foodandwine.com, berikut selengkapnya. 

1. Siapkan alat dan bahan

Siapkan clay pot berukuran mini, sedang hingga besar kemudian lapisi bagian bawah memakai alumunium foil, supaya mudah dibersihkan sebelum menambahkan serpihan kayu untuk mengasapi makanan. Jika kamu akan memasak daging berlemak tinggi, lapisi jaring pembakaran dengan alumunium foil berukuran kecil agar menangkap tetesan dan menjaga kayu tetap kering. Lipat ujung alumunium foil ke atas agar asap naik ke atas.

2. Letakkan masakan di atas pemanggang

Letakkan bahan yang sudah dibumbui di atas jaring pemanggang, pastikan tidak bertumpang tindih satu sama lain. Bagian potongan daging tebal sisi bawah di mana panas dan asap cenderung lebih kuat. Baca juga: 5 Cara Bakar Sosis agar Juicy dan Bumbunya Meresap

3. Nyalakan api kompor

Atur panci dengan rapi di atas kompor gas dan setelah jaring pemanggang berasap, biasanya membutuhkan waktu lima menit, tutup dengan penutup clay pot. Isi wadah tempat tutup clay pot menyentuh mangkuk sekitar setengahnya dengan air untuk menutup panci.

4. Masak beberapa menit dan diamkan

Setelah pemanggang mengeluarkan asap tetap nyalakan gas selama lima sampai tujuh menit untuk ukuran clay pot mini serta sedang, sedangkan ukuran besar selama enam sampai delapan menit. Setelah itu matikan gas, diamkan clay pot empat menit (mini) dan 20 menit (besar). Menu masakan dibakar dapat disajikan.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "4 Cara Gunakan Clay pot untuk Alat Bakar Masakan", Klik untuk baca: https://www.kompas.com/food/read/2023/02/24/080400375/4-cara-gunakan-clay-pot-untuk-alat-bakar-masakan.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm