Ilustrasi rambut rontok
Ilustrasi rambut rontok ( Shutterstock/totojang1977 )

Apa Penyebab Rambut Rontok dan Bagaimana Cara Mengatasinya?

1 Maret 2023 19:28 WIB

SonoraBangka.idRambut rontok adalah suatu kondisi rambut yang lepas atau ditandai dengan kerontokan secara berlebihan. 

Nah, cara menghilangkan rambut rontok pasti sangat penting untuk kita ketahui.

Semua orang pasti pernah mengalami rambut rontok dan hal tersebut merupakan hal normal, lalu bagaimana cara menghilangkan rambut rontok?

Keadaan rambut rontok yang masih bisa dibilang dalam keadaan normal adalah ketika tidak lebih dari 100 helai per harinya.

Nantinya tempat kosong tersebut akan digantikan oleh rambut-rambut baru lainnya, tetapi, keadaan ini akan menjadi bahaya apabila frekuensi rambut yang rontok lebih banyak daripada rambut yang tumbuh baru. Apabila terjadi dalam jangka waktu yang panjang, bisa menyebabkan kebotakan.

Walaupun begitu, perihal rambut rontok tidak boleh dianggap sepele, lho! Kenapa? Dalam beberapa kondisi, rambut rontok yang terjadi terus menerus bisa menyebabkan kebotakan. Dalam bahasa ilmiahnya disebut dengan alopecia. 

Secara alami, rambut itu memiliki 4 fase pertumbuhan, di antaranya:

- Anagen

Fase tumbuh aktif yang berlangsung selama 2-6 tahun.

- Catagen

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm