Ilustrasi kendaraan listrik((Dok. Shutterstock/ Smile Fight))
Ilustrasi kendaraan listrik((Dok. Shutterstock/ Smile Fight)) ( KOMPAS.COM)

Menko Airlangga Sebut Insentif Untuk Kendaraan Listrik Harus Lebih Baik dari Thailand

1 Maret 2023 21:41 WIB

SONORABANGKA.ID - Adalah Menteri Koordinator (Menko) Bidang Perekonomian menyatakan bahwa insentif untuk kendaraan listrik di Indonesia akan lebih menarik dari negara di Asia Tenggara lainnya, terkhusus Thailand.

Hal tersebut supaya penciptaan ekosistem kendaran bermotor listrik di Indonesia, baik dari hulu sampai hilirnya, lebih besar dibandingkan Thailand yang sudah lebih dahulu mulai era elektrifikasi, sebagaimana arahan Presiden RI Joko Widodo (Jokowi).

Adapun untuk insentif yang telah ditetapkan terlebih dulu yaitu untuk kendaraan roda dua listrik sebesar Rp 7 juta. Sedangkan besaran insentif kendaraan listrik lainnya kini masih dalam pertimbangan.

"Kalau Thailand memberikan insentif sekitar Rp 80 juta per mobil listrik. Kita bisa lebih menarik," kata Airlangga dalam diskusi virtual, Selasa (28/2/2023).

Airlangga lantas menjelaskan, insentif untuk motor listrik sebear Rp 7 juta akan diberi baik untuk kendaraan baru maupun pergantian. Aturan tersebut akan segera keluar dalam waktu dekat.

Walau besaran insentif untuk kendaraan lainnya belum ditetapkan, namun bisa dipastikan pemberian insentif kendaraan listrik baik motor maupun mobil seluruhnya akan berbasis kepada produksi dalam negeri.

Hal ini bertujuan untuk mendorong hilirisasi berbasis ekosistem kendaraan listrik untuk mendongkrak peningkatan ekosistem manufaktur yang sudah membaik saat ini.

Airlangga mengungkapkan, kondisi sektor manufaktur yang membaik terkait bisa dilihat dari Purchasing Managers Index (PMI) yang berada di level 51,3 per-Januari 2023.

Perbaikan tersebut seiring dengan kinerja penjualan otomotif yang sempat mencapai rekor pada tahun 2022, yaitu 1,04 juta unit atau lebih tinggi dari kondisi sebelum Covid-19.

"Bahkan ekspor otomotif kita naik 60 persen dan sudah diekspor ke lebih dari 70 negara," ucapnya.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Menko Airlangga Sebut Insentif Kendaraan Listrik Harus Lebih Baik dari Thailand", Klik untuk baca: https://otomotif.kompas.com/read/2023/03/01/131200215/menko-airlangga-sebut-insentif-kendaraan-listrik-harus-lebih-baik-dari.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm