Shakedown test MotoGP 2023 di Sirkuit Sepang, Malaysia(Dok. Speedweek.com/Fitty Weisse)
Shakedown test MotoGP 2023 di Sirkuit Sepang, Malaysia(Dok. Speedweek.com/Fitty Weisse) ( KOMPAS.COM)

Krisis Cip Semikonduktor, MotoGP Terancam Menggunakan ECU Lama

2 Maret 2023 20:23 WIB

SONORABANGKA.ID - Adalah Magneti Marelli, pemasok Electronic Control Unit (ECU) untuk MotoGP, sudah memperbarui sistem pada ECU. Tapi, karena krisis cip semikonduktor, jumlahnya belum mencukupi.

Dikutip dari GPOne.com, Kamis (2/3/2023), tahun ini motor balap MotoGP seharusnya sudah menggunakan ECU yang baru. Namun, adanya krisis cip semikonduktor membuat produksi ECU tersebut jadi terhambat.

Pada sesi tes pra-musim di Sirkuit Sepang, Malaysia, beberapa waktu lalu, cuma tim pabrikan saja yang sudah menggunakan ECU baru. Sementara tim satelit, masih mengandalkan ECU lama.

Menurut MSMA, ada dua alternatif. Pertama, semua tim menggunakan ECU lama hingga ECU baru siap didistribusikan. Kedua, hanya tim pabrikan saja yang dibekali ECU baru.

Salah satu sumber dari tim satelit Ducati, mengatakan, ECU yang baru perbedaannya tidak signifikan dibandingkan ECU lama. Tapi, evolusinya lebih bertenaga.

"Sekarang ini belum dikembangkan dan kami tidak melihat ada kelebihannya dibandingkan dengan yang lama, ini hanya memiliki memori lebih dan prosesor lebih cepat," ujar sumber tersebut.

Beberapa tim lainnya juga menyebutkan hal yang senada. Tapi, berbeda dengan Aprilia yang justru memilih ECU lama. Sebab, ECU yang baru belum sepenuhnya dikembangkan dan malah memberikan kendala.

Untuk diketahui, Magneti Marelli merupakan pemasok tunggal ECU untuk kelas MotoGP. Sejak 2016, Dorna Sports menetapkan regulasi penggunaan ECU tunggal agar tingkat persaingan tiap tim setara dan lebih kompetitif.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Krisis Cip Semikonduktor, MotoGP Terancam Pakai ECU Lama", Klik untuk baca: https://otomotif.kompas.com/read/2023/03/02/084200515/krisis-cip-semikonduktor-motogp-terancam-pakai-ecu-lama.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm