Fabio Quartararo saat sesi tes Valencia untuk MotoGP 2023(Dok. Yamaha MotoGP)
Fabio Quartararo saat sesi tes Valencia untuk MotoGP 2023(Dok. Yamaha MotoGP) ( KOMPAS.COM)

Yamaha Satu-satunya yang Bertahan Menggunakan Mesin 4-Silinder Segaris

2 Maret 2023 20:32 WIB

SONORABANGKA.ID - Dengan Mundurnya Suzuki usai musim 2022, membuat Yamaha menjadi satu-satunya pabrikan motor di MotoGP yang tetap menggunakan konfigurasi mesin 4-silinder segaris.

Managing Director Yamaha Racing Lin Jarvis mengatakan, Yamaha akan tetap menggunakan mesin 4-silinder segaris dan belum akan berpaling menggunakan model V4 seperti pabrikan lain.

"Saya tidak bisa membayangkan itu," kata Jarvis dilansir dari Crash.net, Kamis (2/3/2023).

“Karena merupakan tugas besar untuk merancang, mengembangkan, dan memproduksi mesin V4 1000cc untuk Kejuaraan Dunia MotoGP dari awal," ujar Jarvis.

Saat ini Yamaha diketahui tengah berupaya untuk meningkatkan kecepatan motor YZR-M1. Yamaha bahkan sampai merekrut mantan perancang mesin Formula 1, yaitu Luca Marmorini agar motor lebih kencang.

Hal ini dilakukan sebagai bagian dari tuntutan Fabio Quartararo yang mengeluhkan YZR-M1 kurang tenaga. Motor Yamaha enak buat menikung namun kalah top speed dari motor-motor lain.

Tapi Jarvis percaya bahwa Yamaha masih bisa mengembangkan mesin saat ini sampai titik maksimal.

“Kalau kita rencanakan itu untuk aturan baru lima tahun dari 2027 sampai 2031, mungkin masuk akal," kata Jarvis.

“Tapi kami belum memutuskan arah mana yang akan kami tuju karena regulasi teknisnya belum pasti. (Aturan masa depan) harus diputuskan pada tahun 2023, setelah itu kami memiliki waktu empat tahun untuk mengembangkannya," kata dia.

“Kemudian, dengan teknologi baru, kami memiliki kesempatan yang sama untuk mesin baru MotoGP seperti pabrikan lainnya,” ujar dia.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Yamaha Satu-satunya yang Bertahan Pakai Mesin 4-Silinder Segaris", Klik untuk baca: https://otomotif.kompas.com/read/2023/03/02/094200715/yamaha-satu-satunya-yang-bertahan-pakai-mesin-4-silinder-segaris.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm