Ilustrasi sofa.(SHUTTERSTOCK / Pixel-Shot)
Ilustrasi sofa.(SHUTTERSTOCK / Pixel-Shot) ( KOMPAS.COM)

Sofa Tidak Boleh Diletakkan Berhadapan dengan Pintu, Mengapa?

5 Maret 2023 20:00 WIB

SONORABANGKA.ID - Merupakan Feng shui adalah filosofi kuno Tiongkok mengenai keseimbangan antara kita dengan alam sekitar. Feng shui sering dikaitkan dengan seni penempatan, dengan furnitur yang berdampak pada rasa dan aliran energi di dalam ruangan.

Sofa adalah furnitur paling penting di ruang tamu. Walaupun demikian, lokasi terbaik untuk meletakkan sofa di ruang tamu bisa menjadi sulit.

Dikutip dari Homes & Gardens, Minggu (5/3/2023), ada banyak panduan menata ruang tamu menurut feng shui. Ini dapat pula menjadi rujukan Anda dalam menemukan lokasi terbaik untuk meletakkan sofa, terutama kalau Anda ingin meningkatkan energi positif di rumah.

Penempatan furnitur sesuai feng shui yang baik bisa menjadi vital di ruang tamu, karena ruangan ini umumnya dianggap sebagai pusat utama rumah untuk hiburan dan keluarga.

Ada dua peluang untuk berada dalam posisi konfrontatif dalam feng shui meletakkan sofa di ruang tamu. Kedua posisi konfrontatif ini harus dihindari.

Posisi konfrontatif adalah ketika sofa diletakkan tepat di depan pintu. Ini dianggap sangat sial karena mewakili situasi di mana Anda terus-menerus diserang, jelas Johanna Augusta, seorang pakar feng shui.

Peluang lain untuk posisi konfrontatif di ruang tamu menurut feng shui adalah menempatkan dua sofa atau kursi yang saling berhadapan langsung. Hal ini dapat membuat tidak nyaman bagi banyak orang.

Dengan demikian, yang terbaik adalah menempatkan furnitur sedikit di tengah, seperti di ruang tamu besar ini, sehingga tamu tidak ditempatkan tepat di seberang satu sama lain.

Adapun dikutip dari The Spruce, Anda tidak boleh meletakkan sofa di depan pintu karena Anda tidak boleh menghalanginya. Selain itu, tentu saja Anda tidak ingin orang berjalan ke belakang sofa.

Tapi, bila ada cukup ruang dan bagian belakang sofa memiliki pelapis yang bagus, tampilan ini bisa bekerja dengan sangat baik.

Meskipun demikian, sangat penting bahwa ada ruang yang cukup untuk tetap memiliki jalur lalu lintas yang nyaman.

Anda juga perlu memastikan untuk meminimalkan potensi penghalang visual. Dengan demikian, jika ada keraguan, jangan lakukan itu.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Sofa Tidak Boleh Berhadapan dengan Pintu, Mengapa?", Klik untuk baca: https://www.kompas.com/homey/read/2023/03/05/085100476/sofa-tidak-boleh-berhadapan-dengan-pintu-mengapa-?page=all#page2.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm