Ilustrasi musim hujan.
Ilustrasi musim hujan. ( Dok. Shutterstock)

Yuk Ketahui 4 Tips Menjaga Kesehatan Tubuh di Tengah Cuaca Buruk

8 Maret 2023 15:00 WIB

SonoraBangka.id - Saat ini cuaca tengah ekstrem tak menentu, hujan deras disertai angin kerap kali melanda daerah Pulau Jawa khususnya Jakarta dan sekitarnya.

Di tengah cuaca ekstrem yang tidak menentu, kita perlu ekstra hati-hati karena virus, bakteri, dan kuman akan bermunculan, bahkan bisa menyebabkan wabah penyakit yang menular.

Perubahan cuaca yang tiba-tiba dari panas ke hujan, juga bisa menyebabkan kualitas udara menjadi buruk dan berisiko membuat kita terkena flu, bantuk, hingga demam.

Terlebih kalau daya tahan tubuh tidak optimal, penyakit akan lebih mudah menyerang.

Nah, supaya tubuh tidak gampang sakit, sebaiknya jaga daya tahan tubuh dengan beberapa cara sederhana di bawah ini, yuk. 

1. Istirahat yang cukup 

Bekerja dan beraktivitas seharian pasti membuat Sahabat NOVA jadi kelelahan dan berisiko menurunkan imun tubuh.

Untuk itu, penuhi waktu tidur yang cukup setiap harinya mulai dari 7-8 jam. Dengan istirahat yang cukup, tubuh akan lebih rileks di pagi hari dan siap beraktivitas lebih optimal.

Terlalu banyak tidur bisa bikin badan pegal, tapi kalo kurang tidur berakibat menurunnya daya tahan tubuh.

2. Sempatkan olahraga

Rebahan memang lebih enak dibanding harus olahraga di pagi hari, tapi tahukah Sahabat NOVA? 30 menit jogging bisa membantu kamu membakar 190 kalori.

Selain bikin sehat dan bantu menyegarkan tubuh, olahraga juga bisa membakar kalori berlebihan yang ada di tubuh, otomatis, berat badan bisa ikutan berkurang.

Jadi mulai hari ini, sempatkan waktu untuk berolahraga, cari jenis olahraga yang paling cocok buat Sahabat NOVA, misalnya berenang, bersepeda, badminton, tennis, golf atau yang lainnya.  

3. Rutin Makan Sayur dan Buah

Nasi padang dan gorengan boleh saja jadi menu makanan favorit Sahabat NOVA, tapi ingat penuhi asupan serat, vitamin, dan mineral penting lainnya dari buah dan sayur juga.

Ada kandungan nutrisi penting pada buah dan sayur yang bisa bantu tubuhmu melawan penyakit.

Pastikan kamu makan buah dan sayur setiap hari. Mulai ganti camilan tinggi garam dengan beberapa porsi buah atau sayur supaya imun tubuh tetap terjaga.  

4. Penuhi asupan vitamin C harian

Nah, yang terpenting adalah kebutuhan vitamin C selalu terpenuhi supaya tubuhmu tetap sehat untuk bantu meningkatkan kadar antioksidan di dalam darah hingga 30%.

Jika kadar antioksidan sudah tercukupi, tubuh kamu akan mampu mencegah kerusakan sel akibat paparan radikal bebas. 

Manfaat lain yang bisa kamu dapatkan dengan rutin mengkonsumsi vitamin C yaitu bisa menurunkan risiko penyakit yang disebabkan oleh hipertensi. Salah satunya, penyakit jantung. 

Bila kebutuhan vitamin C sudah terpenuhi dengan baik, produksi kolagen juga akan semakin meningkat untuk mencegah munculnya keriput, mencerahkan kulit, dan menjaga keremajaan kulit. Sudah bukan rahasia kalau vitamin C bisa bantu memperlambat penuaan dini pada kulitmu, lho.

Sumber vitamin C bisa kamu dapatkan dari berbagai sayur dan buah mulai dari jeruk, lemon, jambu, stroberi, tomat, hingga paprika. Selain itu, kamu juga bisa bantu penuhi kebutuhan vitamin C harian dengan konsumsi Vitacimin®.

Tablet hisap dengan rasa buah yang rasanya awet di mulut ini, bisa bantu meningkatkan daya tahan tubuhmu. Vitacimin® mengandung 500 mg vitamin C dalam tiap tablet hisapnya, sesuai dengan tagline “C benar rasanya!”.

Supaya kebutuhan vitamin C terpenuhi dengan baik, Sahabat NOVA dianjurkan mengkonsumsi Vitacimin® 1-2 tablet per hari untuk bantu jaga daya tahan tubuh agar tetap fit dan bebas beraktivitas dengan optimal.

Pilih sendiri rasa favoritmu, ada Fresh Lemon (original), Sweet Orange, dan Juicy Blueberry. Hisap perlahan agar rasa buahnya bertahan lama di mulutmu. 

Yuk, mulai sekarang kita harus memperhatikan kesehatan kita.

Artikel ini telah terbit di https://nova.grid.id/read/053718861/simak-4-tips-menjaga-kesehatan-tubuh-di-tengah-cuaca-buruk-tak-menentu

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm