Artis komedi Mat Solar ditemui di rumahnya di kawasan Bambu Apus, Tangerang Selatan, Selasa (18/9/2018). (KOMPAS.com/DIAN REINIS KUMAMPUNG )
Artis komedi Mat Solar ditemui di rumahnya di kawasan Bambu Apus, Tangerang Selatan, Selasa (18/9/2018). (KOMPAS.com/DIAN REINIS KUMAMPUNG ) ( )

Mat Solar Alami Stroke sejak 2017 Kini Tetap Rutin Jalani Fisioterapi hingga Cek ke Dokter

8 Maret 2023 15:32 WIB

SONORABANGKA.ID - Pemeran sitkom Bajaj Bajuri yang juga pemeran sinetron Tukang Bubur Naik Haji, Mat Solar, menderita stroke sejak tahun 2017 lalu. Lantaran kondisi kesehatannya, Mat Solar pun memutuskan untuk berhenti syuting.

Anak Mat Solar, Haidar Rasyad atau akrab dipanggil Popon, mengatakan sang ayah punya riwayat darah tinggi sebelum menderita stroke.

Ia menceritakan bila pada awalmya pemeran Bajuri itu terjatuh di kamar mandi hingga akhirnya dilarikan ke rumah sakit. “Jadi, awalnya dulu ayah tuh lagi di kamar mandi gitu, lagi mau mandi, tiba-tiba kena serangan (jantung), jatuh ayah. Langsung dibawa ke rumah sakit,” kata Popon di kawasan Tendean, Jakarta Selatan, Selasa (7/3/2023).

Usai menjalani pemeriksaan, saat itu dokter menyatakan bila  Mat Solar menderita stroke. Awalnya, hanya tangan kiri yang tidak bisa digerakkan, tetapi saat ini sebagian tubuhnya tidak lagi bisa digerakkan.

Saat ini, aktivitas Mat Solar hanya bisa terdiam. Mat Solar banyak menghabiskan waktu duduk di atas kursi roda dan tidur di ranjang tempat tidur. “Awalnya cuma tangan. Terus, tiba-tiba sekarang makin parah, semuanya. Kiri semua mati, kaki,” ucap Popon.

“Kalau sekarang sih ayah cuma di kursi roda aja sih, tiduran, bengong gitu, nonton TV juga udah enggak, main HP juga enggak,”kata Popon.

Popon menyebutkan kini sang ayah juga tak bisa berbicara. Mat Solar biasa menuliskan keinginannya lewat papan tulis kecil dengan tangan kanannya.

Meski begitu, Mat Solar tetap berusaha untuk sembuh. Mat Solar juga masih rutin menjalani fisioterapi dan check up ke dokter. “Ayah tuh sekarang sebulan sekali check up, fisioterapi juga kakinya. Tapi, masih belum ada kemajuan,”ujar Popon.

“Aku khawatir banget sama kondisi ayah. Ya cuma berdoa aja lah buat kesembuhan ayah biar ayah bisa beraktivitas lagi, bisa jalan lagi,”imbuh Popon.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Stroke sejak 2017, Mat Solar Tetap Rutin Jalani Fisioterapi hingga Cek ke Dokter ", Klik untuk baca: https://www.kompas.com/hype/read/2023/03/08/121432566/stroke-sejak-2017-mat-solar-tetap-rutin-jalani-fisioterapi-hingga-cek-ke?page=2.

Sumberkompas
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm