Peugeot mengonfirmasi sedang mengerjakan dua mobil listrik baru yaitu Peugeot E-3008 dan E-5008. (Foto: Carscoops.com)
Peugeot mengonfirmasi sedang mengerjakan dua mobil listrik baru yaitu Peugeot E-3008 dan E-5008. (Foto: Carscoops.com) ( KOMPAS.COM)

Jumlah Kendaraan Listrik di Indonesia Diklaim Merangkak Naik

8 Maret 2023 21:37 WIB

SONORABANGKA.ID - Adalah Pemerintah gencar melakukan program elektrifikasi kendaraan bermotor untuk bisa mewujudkan lingkungan bersih di masa mendatang. Berkat dukungan pemerintah, maka jumlah kendaraan listrik di Indonesia akan terus bertambah.

Tenaga Ahli Menteri Energi Sumber Daya dan Mineral (ESDM) Bidang Kelistrikan Sripeni Inten Cahyani mengatakan produksi mobil listrik diharapkan bisa menggeser populasi kendaraan mesin bakar, dan konversi kendaraan listrik secara langsung akan mengurangi populasinya.

“Produsen mobil memang didorong untuk memproduksi mobil listrik, sementara itu pemerintah juga menyiapkan bengkel konversi dan memberikan insentif agar populasi kendaraan bermesin bakar langsung berkurang,” ucap Inten dalam Seminar Nasional Net-Zero Emission di UNS Surakarta, Selasa (7/3/2023).

Dia mengatakan data Juni 2022 tercatat terdapat 21.000 kendaraan listrik dan stasiun pengisian kendaraan listrik umum (SPKLU) sebanyak 300-an.

“Berdasarkan jumlah sertifikat registrasi uji tipe yang telah terbit kini merangkak naik, di tahun 2023 jumlah kendaraan listrik meningkat menjadi 53.091 unit dan jumlah SPKLU di akhir tahun 2022 bertambah menjadi 439 unit,” ucap Inten.

Tapi, jumlah tersebut masih jauh dari target menurut Inten, untuk bisa membentuk pasar dan ekosistem.

“Targetnya 10 persen dari populasi kendaraan seluruhnya, sehingga pasar belum terbentuk dan ekosistem belum efektif, bersamaan dengan itu pemerintah terus memberikan dukungan agar kendaraan listrik lebih mudah dimiliki masyarakat,” ucap Inten.

Dia mengatakan ketika pasar dan ekosistem era elektrifikasi terbentuk maka rangkaian sistem yang disusun pemerintah dan pihak yang terkait untuk menciptakan lingkungan yang sehat akan lebih gampang terwujud.

Rincian jumlah kendaraan listrik di Indonesia per Maret 2023

Motor roda 2: 40.312 unit

Mobil penumpang: 12.395 unit

Kendaraan roda 3: 297 unit

Bus: 77 unut

Mobil barang: 10 unit

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Jumlah Kendaraan Listrik di Indonesia Diklaim Terus Meningkat", Klik untuk baca: https://otomotif.kompas.com/read/2023/03/08/141200115/jumlah-kendaraan-listrik-di-indonesia-diklaim-terus-meningkat.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm