Ilustrasi terasi udang.
Ilustrasi terasi udang. ( shutterstock.com/foodies)

Agar Masakan Tambah Lezat, Berikut 2 Cara Pilih Terasi Yang Bagus

9 Maret 2023 09:09 WIB

SonoraBangka.id - Terasi merupakan salah satu bahan yang sering digunakan pada masakan Indonesia sebagai penambah rasa umami pada makanan. Terasi paling sering digunakan pada pengolahan sambal. Namun, tak jarang juga terasi ditambahkan pada kreasi makanan lain, seperti nasi goreng terasi, tumis kangkung terasi dan masih banyak lagi. Penambahan terasi pada masakan bisa meningkatkan aroma dan cita rasa umami pada masakan.  Terdapat dua jenis terasi, yaitu terasi udang dan terasi ikan. 

Sebelum mulai mengolah terasi, sebaiknya ketahui terlebih dahulu cara pilihterasi yang bagus supaya masakan tetap enak dan tidak mengubah keseluruhan rasa. Subaryadi selaku Store Manager dari Restoran Kedai Sirih Merah membagikan dua tips memilih terasi yang bagus.

1. Cium aroma terasi terlebih dahulu

Sebelum membeli terasi, kamu harus cium aroma terasi terlebih dahulu. Terasi yang bagus baunya masih segar. “Pastinya pilih terasi yang aroma nya masih segar dan tidak bau tengik,” ujar Subaryadi saat ditemui Kompas.com, Selasa (7/03/2023).  terasi yang aromanya cenderung busuk atau bau tengik menandakan kualitas terasi sudah kurang bagus.

2. Warna terasi cerah

Subaryadi juga menjelaskan, terasi yang bagus itu warnanya masih cerah.  Kamu harus pilih terasi yang warnanya cenderung coklat kehitaman dan tidak terlalu pucat. “Kita pilih warna terasi yang cerah segar, jangan pilih yang terlalu gelap,” lanjutnya.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "2 Cara Pilih Terasi yang Bagus agar Masakan Tambah Lezat", Klik untuk baca: https://www.kompas.com/food/read/2023/03/09/081200175/2-cara-pilih-terasi-yang-bagus-agar-masakan-tambah-lezat.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm