Suasana proses autopsi Jenazah Hafiza oleh tim forensik kepolisian dan dokter di RSUD Depati Hamzah Kota Pangkalpinang, Jumat (10/3/2023)
Suasana proses autopsi Jenazah Hafiza oleh tim forensik kepolisian dan dokter di RSUD Depati Hamzah Kota Pangkalpinang, Jumat (10/3/2023) ( )

Puluhan Luka Sajam di Jenazah Hafizah, Soal Hilangnya Organ Dalam Belum Diketahui

10 Maret 2023 15:46 WIB

SONORABANGKA.ID - Usai melakukan otopsi selama kurang lebih dua jam setengah, ditemukan ada puluhan luka akibat senjata tajam (sajam) pada jenazah Hafiza di bagian kepala, punggung dan tangan.

Dokter Forensik Polda Kepulauan Bangka Belitung, Suroto menyebutkan jenazah Hafiza sudah mulai membusuk dan tim autopsi cukup kesulitan menanganinya.

Bagian wajah, dada dan perut sudah hilang karena pembusukan.

"Sekitar tiga puluhan lebih luka akibat benda tajam," ujar dokter Suroto, usai melakukan autopsi jenazah Hafiza di RSUD Depati Hamzah, Jumat (10/3/2023).

Dokter Suroto menyampaikan, kondisi fisik jenazah Hafiza memang tidak lagi ditemukan organ-organ bagian dalam.

Namun, tim autopsi belum mendapatkan fakta-fakta dan belum bisa memastikan apa penyebab hilangnya organ-organ dalam pada jenazah Hafiza.

"Tidak ditemukan, masih dicari, dari lokasi juga (jenazah ditemukan) di aliran air kan, jadi apakah terbawa aliran air karena ada luka terbuka di perut itu, atau bagaimana masih belum tahu,"terangnya.

Suroto mengatakan, karena kondisi sudah membusuk, sulit mengidentifikasi apakah ada luka sayatan lebar di bagian depan tubuh jenazah sebagai dugaan upaya pengeluaran organ-organ dalam.

"Kalau sayatan kecil-kecil memang banyak, tapi kalau sayatan besar, karena sudah ketutup pembusukan jadi sulit, tidak bisa dipastikan," ungkapnya.

Selain itu, juga belum ditemukan luka bekas gigitan atau terkaman hewan buas sehingga saat ini yang dapat dipastikan hanya puluhan akibat sajam.

"Waktu kematian korban diperkirakan tiga hari lebih," ujar dokter Suroto.

Artikel ini telah tayang di BangkaPos.com dengan judul Ada Puluhan Luka Sajam Pada Jenazah Hafizah, Sebab Hilangnya Organ Dalam Belum Diketahui, https://bangka.tribunnews.com/2023/03/10/ada-puluhan-luka-sajam-pada-jenazah-hafizah-sebab-hilangnya-organ-dalamnya-belum-diketahui.

Sumberbangka pos
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm