Ilustrasi mobil yang didamkan untuk waktu lama(Dok. AUKSI)
Ilustrasi mobil yang didamkan untuk waktu lama(Dok. AUKSI) ( KOMPAS.COM)

Mitos atau Fakta, Tangki BBM Kosong Bisa Merusak Komponen pada Mobil?

11 Maret 2023 18:57 WIB

SONORABANGKA.ID - Kadang-kadang ada situasi yang mengharuskan pengendara untuk tidak menggunakan mobil dalam waktu yang cukup lama. Supaya mobil tetap aman, ada beberapa persiapan yang harus dilakukan.

Persiapan yang dimaksud biasanya sekedar melepas aki dan membersihkan interior mobil supaya tidak berjamur. Namun, ada satu langkah lagi yang konon katanya bermanfaat pula, yakni mengosongkan tangki bbm.

Nyatanya, mengosongkan tangki bbm bukannya bermanfaat tapi justru malah berpotensi merusak komponen mesin pada mobil.

“Sangat beresiko kalau tangki bbm dikosongkan sampai habis 100 persen, pompa bensin bisa kering dan rusak. Itu cukup sulit penanganannya,” ucap Ekowati, Technical Leader Auto2000 Kalimalang Jakarta Timur kepada Kompas.com, Jumat (10/3/2023).

“Kalau tangki kosong, uap-uap air bisa berkumpul di bagian atas tangki. Kalau sudah terkumpul banyak, air bisa masuk ke mesin. Seharusnya sudah bisa ketahuan kan efek dari air masuk mesin mobil,” ujarnya.

Menurut Eko, anggapan bensin harus dikosongkan sebelum ditinggal lama mungkin untuk menghindari situasi bensin basi. Padahal, bensin basi masih jauh lebih baik daripada tangki kosong.

“Bensin basi itu kurang baik juga sebenarnya, tapi masih jauh lebih mending daripada tangki kosong. Kalau bensin basi, mobil masih bisa dipakai jalan ke pom bensin terdekat kemudian dikuras. Penanganannya lebih mudah,” kata Eko.

Bagi Pengendara yang sudah mengosongkan tangki bensinnya, sebaiknya segera mengisi kembali untuk mencegah kerusakan pada bagian mesin.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Mitos atau Fakta, Tangki BBM Kosong Bisa Merusak Komponen Mobil?", Klik untuk baca: https://otomotif.kompas.com/read/2023/03/11/114200915/mitos-atau-fakta-tangki-bbm-kosong-bisa-merusak-komponen-mobil-.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm