Anggota Satlantas Polres Semarang mengevakuasi kendaraan yang terlibat kecelakaan di jalan tol.(KOMPAS.com/Ist)
Anggota Satlantas Polres Semarang mengevakuasi kendaraan yang terlibat kecelakaan di jalan tol.(KOMPAS.com/Ist) ( KOMPAS.COM)

Jaga Jarak Aman di Tol Saat Terjadi Hujan, Hindari Aquaplaning dan Tabrakan

11 Maret 2023 19:30 WIB

SONORABANGKA.ID - Peristiwa Musim hujan masih terjadi di sejumlah daerah. Selain menyebabkan kerusakan jalan, cuaca ekstrem tersebut membahayakan pengguna jalan, baik di ruas tol atau dalam kota. 

Jika berkendara di jalan, pengemudi sebaiknya menjaga kecepatan dan mengatur jarak. Tujuannya untuk mengindari bahaya dan mampu menyelamatkan diri. Misalnya, dalam kondisi pengereman mendadak, aquaplaning, hingga risiko tabrakan

Seperti contoh, video yang diunggah @dashcam_owners_indonesia di Instagram, Jumat (10/3/2023). Terlihat, Avanza silver tergelincir setelah mengalami aquaplaning. Beruntung, tidak terjadi tabrakan beruntun karena pengemudi mobil dan truk di belakangnya berhasil menghindar.

Pada keterangan video yang diunggah, peristiwa terjadi di Tol Tanjung Priok, Jakarta.

Menanggapi hal itu, Founder & Training Director Jakarta Defensive Driving and Consulting Jusri Pulubuhu mengatakan, jarak aman pengereman bertambah besar saat hujan.

Kemampuan rem di permukaan jalan yang basah menurun karena roda seakan melayang di permukaan air. Untuk menghindari aquaplaning, pengemudi diwajibkan mengontrol kecepatan dan jarak aman antar kendaraan.

"Jangan overspeed, kuasai kendaraan dan sigap membaca pergerakan kendaraan yang berada di depan, samping, atau belakang. Kecelakaan itu terjadi bukan karena kesalahan kita sendiri, harus sigap. Dalam arti, menjaga diri dan mengantisipasi bahaya yang datang dari pengendara lain yang kurang waspada," kata Jusri. 

Saat hujan, bahaya tabrakan beruntun, dan mobil tergelincir terkadang tidak terduga terjadi. Maka dari itu, paling dibutuhkan adalah pengendalian diri dan menguasai kendaraan dalam kondisi darurat.

Tak cuma berhenti mendadak, tetapi Jusri mengatakan, pengemudi harus siap menyelamatkan diri kalau kendaraan yang berada di depan mengalami kecelakaan.

"Menghindari kecelakaan itu risikonya besar, keputusan yang nomor satu. Apakah mengerem, bermanuver, atau mengambil keputusan lain, harus diputuskan dalam waktu singkat. Jadi, jarak aman yang perlu diperhatikan. Kondisi biasa jaga jarak 3 detik, saat hujan bisa 6 detik tergantung visibilitas," kata Jusri.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Jaga Jarak Aman di Tol Saat Hujan, Hindari Aquaplaning dan Tabrakan", Klik untuk baca: https://otomotif.kompas.com/read/2023/03/11/132200515/jaga-jarak-aman-di-tol-saat-hujan-hindari-aquaplaning-dan-tabrakan.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm