motor listrik Ion Mobility M1-5(Janlika Putri/ Kompas.com)
motor listrik Ion Mobility M1-5(Janlika Putri/ Kompas.com) ( KOMPAS.COM)

ION Mobility Sebut Sistem Swap Baterai Motor Listrik Sebetulnya Mahal

13 Maret 2023 17:55 WIB

SONORABANGKA.ID - Adalah ION Mobility (ION), merek motor listrik asal Singapura akan membangun fasilitas pembuatan baterai di Indonesia. ION memilih paket baterai sendiri ketimbang memakai sistem swap atau tukar pakai.

James Chan, pendiri dan CEO ION Mobility mengatakan, sistem tukar pakai baterai motor listrik terlihat lebih mudah tapi sebenarnya konsumen harus membayar lebih mahal daripada baterai bawaan pabrikan.

"Ini adalah pertanyaan yang sangat umum (dan ironis) yang sering ditanyakan kepada saya. Kenyataannya, baterai swap sebenarnya jauh lebih mahal daripada baterai bawaan, inilah alasannya," kata Chan dalam wawancara khusus Kompas.com, akhir pekan lalu.

Chan memberikan penjelasan, menurut dia sistem tukar pakai baterai lebih mahal ketimbang paket baterai bawaan sebab sistem swap "mewajibkan" membayar infrastruktur bukan listrik yang merupakan bensin di motor konvensional.

"Paket baterai (atau dalam banyak kasus motor listrik dengan full swap lainnya) adalah komponen termahal dari harga sepeda motor listrik, yang sering kali mencapai antara 30 persen-35 persen dari harga sepeda motor," kata dia.

"Tidak seperti pembeli sepeda motor berbasis pembakaran ICE yang hanya dikenakan biaya untuk tangki bensin kosong (yang tidak diminta untuk membayar seluruh infrastruktur ritel dan distribusi bensin di muka), pembeli motor listrik sering kali harus menanggung biaya "bahan bakar" kendaraan mereka di muka," kata Chan.

Seperti disebutkan sebelumnya, ION akan memproduksi M1-S Mobius di fasilitas produksi PT TVS Motor Company Indonesia yang ada di Karawang, Jawa Barat.

Selain proses produksi bersama di pabrik TVS Indonesia, ION Mobility juga akan membangun fasilitas untuk memproduksi paket baterai sendiri yang akan dipakai untuk ION M1-S.

"Dua paket baterai yaitu 72V48Ah atau 72V60Ah untuk M1-S dirancang di Singapura dan diproduksi di Indonesia," kata Chan.

"Hanya sel baterai Lithium Ion NCM 21700, form factor yang masih belum diproduksi di dalam negeri di Indonesia, semua yang terdapat dalam paket baterai M1-S kami didesain secara internal, serta disortir, dilas, dan dirakit seluruhnya di Indonesia," kata dia.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "ION Mobility Sebut Swap Baterai Motor Listrik Sebetulnya Mahal", Klik untuk baca: https://otomotif.kompas.com/read/2023/03/13/074200615/ion-mobility-sebut-swap-baterai-motor-listrik-sebetulnya-mahal.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm