Sepeda motor milik peserta mudik gratis Kemenhub tiba di Terminal Tipe A Tirtonadi Solo, Jawa Tengah, Kamis (28/4/2022).(KOMPAS.com/LABIB ZAMANI)
Sepeda motor milik peserta mudik gratis Kemenhub tiba di Terminal Tipe A Tirtonadi Solo, Jawa Tengah, Kamis (28/4/2022).(KOMPAS.com/LABIB ZAMANI) ( KOMPAS.COM)

Dibuka Hari Ini, Cek Syarat untuk Daftar dan Tujuan Mudik Gratis Kemenhub

13 Maret 2023 19:15 WIB

SONORABANGKA.ID - Adalah Seperti tahun sebelumnya, menjelang musim Lebaran 2023, Kementerian Perhubungan (Kemenhub) melalui Direktorat Jenderal Perhubungan Darat, kembali membuka pendaftaran mudik gratis.

Pendaftaran mudik gratis Kemenhub dibuka mulai Senin (13/3/2023). Mengutip unggahan resmi @Kemenhub, dijelaskan metode pendaftaran cuma bisa dilakukan secara online via aplikasi MitraDarat.

Menurut Pitra Setiawan, Kepala Humas Direktorat Jenderal Perhubungan Darat, dari hasil survei Badan Kebijakan Transportasi memprediksi akan ada 123 juta orang yang akan mudik tahun ini.

Dari jumlah tersebut, moda yang menjadi pilihan favorit adalah mobil pribadi dan sepeda motor. Karena itu, pihaknya mengimbau untuk memanfaatkan program mudik gratis tersebut.

"Kami menyediakan kuota sebanyak 24.072 orang dengan menggunakan 585 bus untuk 28 kota tujuan, kami juga menyediakan 30 unit truk untuk mengangkut 900 sepeda motor masyarakat. Silahkan dimanfaatkan, pendaftaran dimulai 13 Maret 2023 dan semuanya gratis," ujar Pitra saat dihubungi KOMPAS.com, Minggu (12/3/202).

Untuk kota tujuan, dijelaskan ada 28 wilayah yang akan difasilitasi Kemenhub untuk mudik gratis 2023. Kota-kotanya mencakup Jawa Barat, Jawa Tengah, Yogyakarta, Jawa Timur, dan Sumatera.

Wilayah Jawa Barat meliputi Garut, Tasik, dan Cirebon. Untuk Jawa Tengah dam Yogyakarta terdiri dari Tegal, Pekalongan, Semarang, Demak, Jepara, Blora, Boyolali, Pati, Klaten, Solo, Magelang, Wonosari, dan Yogyakarta.

Jawa Timur terdiri dari Tuban, Madiun, Surabaya, Tulungagung, dan Malang. Sementara untuk Sumatera hanya ada dua kota, yakni Lampung dan Palembang.

Tak cuma itu, Kemenhub juga memfasilitasi mudik gratis untuk sepeda motor memakai angkutan dengan tujuan Purwokerto, Wonogiri, Semarang, Yogyakarta, dan Solo.

Sedangkan untuk arus balik, ada delapan kota yang disediakan Kemenhub, yakni dari Cirebon, Surabaya, Madiun, Semarang, Wonogiri, Yogyakarta, Solo, dan Purwokerto.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm