Pemprov Kepulauan Bangka Belitung (Babel) mendatangkan dua alat berat jenis ekskavator untuk melakukan pengerukan muara Air Kantung Sungailiat, Senin (13/03/2023) sore sekitar pukul 16.00.
Pemprov Kepulauan Bangka Belitung (Babel) mendatangkan dua alat berat jenis ekskavator untuk melakukan pengerukan muara Air Kantung Sungailiat, Senin (13/03/2023) sore sekitar pukul 16.00. ( )

Pemprov Babel Turunkan 2 Unit Alat Berat, Untuk Keruk Muara Air Kantung

13 Maret 2023 21:15 WIB

SONORABANGKA.ID - Pemprov Kepulauan Bangka Belitung (Babel) mendatangkan 2 alat berat jenis ekskavator guna melakukan pengerukan muara Air Kantung Sungailiat, Senin (13/03/2023) sore sekitar pukul 16.00.

Hal ini sebagai bentuk respon dari aksi demo yang dilakukan para nelayan di Kantor PPN Sungailiat dan Kantor Bupati Bangka, Senin (13/03/2023) pagi tadi.

"Alhamdulillah barusan sore tadi dari Pemprov Babel mendatangkan dua alat berat ke muara Air Kantung Sungailiat sekitar pukul 16.00 WIB, saat ini kedua alat berat tersebut sudah mulai bekerja mengeruk muara," ujar Kepala Lingkungan (Kaling) Parit Pekir Kelurahan Sungailiat Kecamatan Sungailiat, M Rozi, Senin (13/03/2023) malam menjelang Salat Magrib.

Dikatakan jenis alat berat yang didatangkan, yakni satu unit ekskavator jenis long arm dan ekskavator 350  dikawal sejumlah pegawai berpakaian dinas Pemprov Kepulauan Bangka Belitung (Babel).

"Kedatangan kedua alat berat ini untuk mengeruk muara Air Kantung Sungailiat supaya bisa dilewati kembali oleh perahu-perahu nelayan," ucap Rozi.

Diakuinya kondisi muara Air Kantung Sungailiat memang sekitar dua minggu terakhir ini tak bisa lagi dilewati perahu nelayan, karena kandas dan berbahaya bisa menyebabkan perahu pecah.

"Banyak perahu nelayan hanya bisa parkir di depan mulut muara Air Kantung, sehingga untuk menurunkan hasil tangkapan ikan harus dijemput perahu kolek-kolek dan para nelayan juga terpaksa tinggal di dalam perahu itu, tidak bisa naik ke darat karena harus menjaga perahunya,"  ujarnya.

Untuk pekerjaan pengerukan muara sore tadi memang alur muara sudah mulai terbuka, akan tetapi belum bisa dilewati perahu nelayan.

" Diperkirakan butuh waktu 1-2 hari lagi pekerjaan pengerukan oleh alat berat supaya alur muara lebih lebar dan bisa dilewati kembali perahu nelayan,"tambahnya.

Artikel ini telah tayang di BangkaPos.com dengan judul Keruk Muara Air Kantung, Pemprov Babel Turunkan Dua Unit Alat Berat, https://bangka.tribunnews.com/2023/03/13/keruk-muara-air-kantung-pemprov-babel-turunkan-dua-unit-alat-berat.

Sumberbangka pos
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm