Ilustrasi kulkas, kulkas di dapur. (SHUTTERSTOCK/NEW AFRICA)
Ilustrasi kulkas, kulkas di dapur. (SHUTTERSTOCK/NEW AFRICA) ( kompas.com)

Lokasi Penempatan Kulkas Paling Baik di Dapur Menurut Feng Shui, Apa Saja?

14 Maret 2023 19:55 WIB

SONORABANGKA.ID - Merupakan Dapur adalah pusatnya rumah, bahkan sering disebut sebagai jantungnya rumah, karena merupakan tempat memasak dan menyiapkan makanan, serta berkumpul bersama keluarga. Oleh sebab itu, penting untuk memastikan bahwa dapur tak hanya terlihat bagus, tapi juga terasa bagus.

Dikutip dari House Digest, Selasa (14/3/2023), merancang dapur bisa menjadi tugas yang berat, namun bisa dibuat lebih sederhana dengan panduan feng shui.

Melalui penataan furnitur dan peralatan di dapur, Anda dapat menerapkan prinsip dan praktik feng shui untuk memastikan aliran chi atau energi yang optimal, serta keseimbangan kelima elemen dan energi Yin dan Yang.

Salah satu hal penting yang perlu diperhatikan di dapur adalah kulkas.

Kulkas lebih dari sekadar tempat untuk menyimpan makanan dan sisa makanan, tetapi secara signifikan mewakili kesehatan dan kekayaan tidak cuma di dapur, tetapi juga kehidupan Anda secara umum.

Salah satu aturan feng shui yang penting di dapur adalah jangan meletakkan kulkas tepat di seberang pintu mana pun, apakah itu pintu teras belakang atau lorong.

Ini karena kulkas melambangkan kesehatan, dan ditempatkan di seberang pintu masuk dapat menyebabkan aliran chi terganggu, mengakibatkan efek kesehatan yang negatif.

Pastikan pula untuk selalu mengingat elemen kulkas. Elemen utama yang mewakili alat rumah tangga ini adalah logam, tetapi juga memiliki aspek air.

Ini berarti Anda harus menghindari menempatkan kulkas di sebelah kompor, yang mewakili api, bila memungkinkan. Jika tidak, coba letakkan semacam pembatas di antara keduanya.

Demikian pula, jika bak cuci piring dan kulkas diletakkan bersebelahan, hal ini dapat menyebabkan dapur memiliki terlalu banyak elemen air.

Penataan terbaik untuk ketiga item tersebut adalah segitiga, dengan kulkas dan kompor di bagian bawah dan saling berhadapan. Ini juga memungkinkan Anda untuk dengan gampang dan cepat bergerak di sekitar dapur saat memasak.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Lokasi Penempatan Kulkas Terbaik di Dapur Menurut Feng Shui, Apa Saja?", Klik untuk baca: https://www.kompas.com/homey/read/2023/03/14/152200776/lokasi-penempatan-kulkas-terbaik-di-dapur-menurut-feng-shui-apa-saja-?page=all#page2.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm