Ilustrasi loyang kaca untuk memanggang masakan.
Ilustrasi loyang kaca untuk memanggang masakan. ( SHUTTERSTOCK/FIRMA V)

Biasa Dipakai Masak Lasagna, Berikut 5 Cara Gunakan Loyang Kaca

15 Maret 2023 16:07 WIB

SonoraBangka.id -  Selain terbuat dari aluminium, loyang juga ada yang bermaterialkan kaca. Umumnya, loyang kaca digunakan untuk memasak atau mengolah sayuran. Namun, loyang kaca juga bisa digunakan untuk mematangkan adonan pasta seperti lasagna. Jika kamu memiliki loyang kaca di rumah dan berniat untuk menggunakannya. Kamu bisa mengikuti sederet tips menggunakan loyang kaca yang aman agar awet lama.

1. Jangan langsung memanaskan loyang kaca

Dilansir dari laman All Recipes, jangan langsung meletakkan loyang kaca yang masih dingin ke oven. Hal ini bisa membuat lapisannya retak dan pecah.

2. Gunakan suhu oven yang tepat

Ditambahkan dari laman World of Pans, saat akan memanggang masakan di loyang kaca hindari untuk menggunakan suhu panas tinggi. Gunakan suhu panas hanya sampai 177 derajat celsius agar lapisan kaca tidak pecah dan masakan matang merata.

3. Jangan langsung mencuci loyang

Setelah loyang digunakan dan masakan dikeluarkan, jangan langsung mencuci loyang. Biarkan loyang hingga mencapai suhu dingin. Kalau loyang sudah dingin, letakkan di westafel dan rendam air agar kotoran adonan yang menempel hilang.

4. Hindari menggosok loyang dengan bahan tajam

Permukaan loyang kaca tergolong tebal, tetapi tetap bisa rusak atau pecah. Oleh karena itu, jangan menggores loyang kaca dengan perkakas. Karena loyang kaca yang tergores bisa pecah saat dipanggang.

5. Jangan menuangkan cairan pada loyang panas

Dilansir dari laman The Spruce Eats, hindari menuangkan cairan pada loyang kaca yang masih panas. Selain itu, kamu juga bisa menyalakan dan memanaskan oven terlebih dahulu sebelum memasukkan loyang ke dalamnya.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "5 Cara Gunakan Loyang Kaca yang Aman, Biasa Dipakai Masak Lasagna", Klik untuk baca: https://www.kompas.com/food/read/2023/03/14/121300075/5-cara-gunakan-loyang-kaca-yang-aman-biasa-dipakai-masak-lasagna.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm