Colokan USB di Alva One yang terletak di laci bagian kiri.(KOMPAS.com/Gilang)
Colokan USB di Alva One yang terletak di laci bagian kiri.(KOMPAS.com/Gilang) ( KOMPAS.COM)

Apakah Ngecas Ponsel di Power Outlet Motor Membuat Aki Cepat Soak?

15 Maret 2023 21:58 WIB

SONORABANGKA.ID - Kendaraan Sepeda motor matik lansiran terbaru hadir dengan lebih banyak fungsi dan fitur menarik untuk menunjang kegiatan berkendara.

Salah satu fitur terbaru yang kini cukup banyak dijumpai pada motor matik adalah power outlet alias lubang charger. Dengan power outlet, pengguna bisa mencas smartphone sambil berkendara.

Fitur ini tentunya sangat bermanfaat bagi pengguna yang aktif menggunakan smartphonenya untuk keperluan navigasi seperti driver ojek online. Akan tetapi, apakah ngecas baterai di power outlet bisa membuat aki motor cepat soak?

Menurut Heru Prasetyo, Kepala Bengkel AHASS Cisoka, ngecas hape di power outlet motor itu aman-aman saja dan tidak akan menimbulkan kendala seperti aki soak.

“Voltase yang dibutuhkan untuk ngecas hape itu kecil, bahkan lebih kecil dari jumlah voltase yang dibutuhkan untuk menyalakan motor,” ujarnya kepada Kompas.com, Rabu (15/3/2023).

Umumnya, pabrikan motor sudah membatasi jumlah daya maksimal yang mampu dikeluarkan oleh power outlet motor. Daya yang dikeluarkan juga tidak sebesar kepala charger bawaan smartphone.

“Kalau motor-motor lansiran Honda, biasanya cuma 1 ampere sampai 1,5 ampere. Enggak terlalu besar, makanya tidak mendukung fast charging,” kata Agung Hayu Pangestu, PDI Inspector AHM.

Sebagai referensi, kepala charger standar smartphone mempunyai daya sebesar 6 ampere sampai 10 ampere dan mendukung pengisian daya cepat. Tentunya, besaran daya itu jauh berbeda dengan milik power outlet motor jadi pengguna tidak perlu khawatir aki akan soak.

Untuk menunjang keamanan saat mengecas smartphone di motor, pengendara disarankan memakai kabel USB dengan bahan tebal yang kuat dan menggunakan holder khusus yang bisa menahan smartphone.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Apakah Ngecas Ponsel di Power Outlet Motor Bikin Aki Cepat Soak?", Klik untuk baca: https://otomotif.kompas.com/read/2023/03/15/151200315/apakah-ngecas-ponsel-di-power-outlet-motor-bikin-aki-cepat-soak-.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm