Ilustrasi menghangatkan makanan
Ilustrasi menghangatkan makanan ( DedMorozz)

Berikut Ini 3 Cara Menghangatkan Makanan Sisa Buka Puasa Untuk Sahur

16 Maret 2023 07:23 WIB

SonoraBangka.id - Ada kunci menghangatkan makanan yang tepat, yakni memasaknya kembali dengan metode yang sama seperti di awal. Itu sebabnya, cara menghangatkan makanan terbagi berdasarkan metode atau alat masak yang digunakan. Tidak selalu bergantung pada kelompok bahan makanan tertentu. Cara menghangatkan makanan ini penting kamu simak menjelang bulan puasa. Jika hidangan sengaja disimpan untuk sahur, coba hangatkan dengan salah satu dari sekian cara berikut ini. Dilansir dari The Kitchn, simak enam cara menghangatkan makanan berikut ini.

1. Hangatkan makanan di oven

Oven biasa dijadikan alat menghangatkan makanan karena mampu menyebarkan panas merata ke seluruh bagian. Suhu maksimal menghangatkan makanan di oven adalah 176 derajat celsius dengan durasi maksimal 10 menit. Lapisi makanan dengan alumunium foil untuk mencegah makanan menjadi mengering setelah dihangatkan. Beberapa makanan yang bisa dihangatkan di oven adalah roti, pai, aneka kue, daging panggang, seafood, piza, dan sandwich. 

2. Pakai microwave untuk menghangatkan makanan

Salah satu fungsi utama microwave memang untuk menghangatkan makanan, tetapi tidak boleh sembarangan. Makanan yang akan dihangatkan harus ditata rapi dan merata. Bila perlu, tutup edngan tisu basah untuk mencegah tekstur sajian mengering. Biasanya, makanan bertekstur lembut atau tidak garing, paling baik dihangatkan dengan microwave. Kamu dapat menghangatkan aneka tumisan, sup, sayuran kukus dan rebus, nasi, pasta, hingga mi menggunakan microwave.

3. Panaskan ulang makanan di kompor 

Jika tidak memiliki oven atau microwave, jangan khawatir dan membuang sisa makanan begitu saja. Kamu masih bisa menggunakan panas dari api kompor. Menghangatkan makanan di atas kompor dinilai paling baik untuk mengembalikan tekstur dan rasa sajian seperti semua. Pastikan untuk mengatur api kecil hingga sedang dan mengaduk makanan sesering mungkin selama dihangatkan. Media atau alat masak untuk menghangatkan makanan di kompor juga berbeda, tergantung hidangannya. Jika ingin menghangatkan makanan berkuah seperti sup, semur, serta tumisan, piza, dan daging, sebaiknya menggunakan panci dan wajan. Sementara untuk makanan yang dikukus, seperti dimsum atau ikan kukus, kamu bisa menggunakan kukusan untuk menghangatkannya.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "3 Cara Hangatkan Makanan Sisa Buka Puasa untuk Sahur ", Klik untuk baca: https://www.kompas.com/food/read/2023/03/14/150600675/3-cara-hangatkan-makanan-sisa-buka-puasa-untuk-sahur-?page=all#page2.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm