Kantor Wilayah Kementerian Agama Bangka Belitung (Kanwil Kemenag Babel)  menggelar tiga agenda sekaligus pada Rabu (15/3/2023) ini, bertempat di Wihara Kelurahan Bacang, Kecamatan Bukit Intan, Kota Pangkalpinang.
Kantor Wilayah Kementerian Agama Bangka Belitung (Kanwil Kemenag Babel) menggelar tiga agenda sekaligus pada Rabu (15/3/2023) ini, bertempat di Wihara Kelurahan Bacang, Kecamatan Bukit Intan, Kota Pangkalpinang. ( )

Acara Kanwil Kemenag Babel, Dihadiri Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas

16 Maret 2023 08:30 WIB

SONORABANGKA.IDKantor Wilayah Kementerian Agama Bangka Belitung (Kanwil Kemenag Babel) selenggarakan tiga agenda sekaligus pada Rabu (15/3/2023) kemarin, bertempat di Wihara Kelurahan Bacang, Kecamatan Bukit Intan, Kota Pangkalpinang.

Ada 3  agenda yang dihadiri langsung oleh Menteri Agama Republik Indonesia Yaqut Cholil Qoumas tersebut yaitu, Pencanangan Kelurahan Sadar Kerukunan, Peresmian SBSN dan Launching Siskohat Mobile dan terakhir Peletakan Batu Pertama Pembangunan Wihara Bacang.

Kepala Kanwil Kemenag Babel Tumiran Ganefo mengatakan kebahagiaannya rangkaian acara yang diselenggarakan ini bisa dihadiri langsung oleh Yaqut Cholil Qoumas, karena dalam agenda sebelumnya hanya dihadiri perwakilan.

"Kami mengucapkan bahagia, utamanya pada Lurah Bacang, karena launching Kelurahan Sadar Kerukunan disini dihadiri langsung oleh Mentri Agama. Sebagai tempat ke 9 yang di launching, delapan tempat sebelumnya, hanya Pak Direktur yang hadir,"ujar Tumiran Ganefo, Rabu (15/3/2023).

Tumiran menuturkan Provinsi Bangka Belitung yang berpenduduk kurang lebih 1,9 juta, memiliki simbol "Serumpun Sebalai" yang bisa diartikan, satu atap apapun isinya.

Untuk itu, salah satu tugas dari Kanwil Kemenag Babel terus menggemakan moderasi beragama di segala lini, salah satunya dengan meminta seluruh tempat ibadah mengembangkan nilai-nilai moderasi beragama.

"Selanjutnya kami juga melakukan road show, bersama Kajati Babel untuk menguatkan NKRI harga mati. Kami ke lembaga-lembaga keagamaan untuk menerangkan pada pihak yang belum NKRI harga mati," ujarnya.

Sementara itu, pihaknya juga sudah melakukan kegiatan rintisan desa sadar zakat yang sampai saat ini sudah ada di enam tempat, sehingga memperoleh penghargaan.

"Kami berharap misal Pak Menteri, masih banyak waktu kita ajak ke desa sadar zakat. Seperti di Bangka Selatan, ada penghasilan sawit 60 kilogram diambil 20 persen untuk umat,"katanya.

Ia juga menyampaikan bila Kakanwil Babel, terus mempercepat sertifikasi halal pada UMKM ataupun kantin-kantin bekerjasama dengan Bank Indonesia.

"Kita juga coba mengatasi banyaknya pernikahan dini dan tingginya angka perceraian. Konon katanya di Babel masuk 10 besar tertinggi, ada program da'i masuk desa bersama Pj Gubernur,"ungkapnya.

Menteri Agama Republik Indonesia Yaqut Cholil Qoumas, hadir pada  rangkaian acara yang diselenggarakan oleh Kantor Wilayah Kementerian Agama Bangka Belitung (Kanwil Kemenag Babel).

Yaqut Cholil pada sambutannya, mengatakan jika Provinsi Bangka Belitung merupakan miniatur Indonesia, sehingga setidaknya sudah enam kali berkunjung ke Negeri Serumpun Sebalai ini.

Artikel ini telah tayang di BangkaPos.com dengan judul Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas Hadiri Rangkaian Acara Kanwil Kemenag Babel, 3 Agenda Sekaligus, https://bangka.tribunnews.com/2023/03/15/menteri-agama-yaqut-cholil-qoumas-hadiri-rangkaian-acara-kanwil-kemenag-babel-3-agenda-sekaligus.

Sumberbangka pos
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm