Populer Tahun 1990-an dengan Lagu Damai, Begini Kabar Anggota Band Wayang Sekarang
Populer Tahun 1990-an dengan Lagu Damai, Begini Kabar Anggota Band Wayang Sekarang ( )

Populer diera 1990-an dengan Lagu Damai, Begini Kabar Anggota Band Wayang Saat Ini

16 Maret 2023 10:05 WIB

SONORABANGKA.ID - Penggemar musik di era awal 1990-an pasti tak asing dengan grup band Wayang. Band yang memiliki drummer seorang anak kecil. Populer dengan lagu "Damai", Wayang beranggotakan Wahyu Adrianto, Ahmad Fauzi, Ramdan Wahyudi, dan Gilang Ariestya. Di tengah kesuksesan mereka, Wayang sempat menghilang pada awal tahun 2000-an.

Namun ternyata ada alasan di balik hilangnya mereka.  "Enggak bubar, materinya enggak bagus," kata Yudi, vokalis Wayang dikutip dari YouTube Ferdy Element. "Jadi yang tadinya gue bicara pasar anak-anak, keluarga, langsung ke percintaan. Segmennya pindah, cuma memang tidak diterima sama pasar," tambahnya.

Mereka pun masih berjalan hingga album 8 yang kemudian menjadi album terakhir mereka sebelum anggota band sibuk dengan dunia masing-masing. Beruntung, selama menjadi anak band, mereka tetap mengutamakan pendidikan.

Sehingga saat band tak lagi diterima pasar, mereka punya sumber penghasilan lain. "Enggak (drop), karena sebenanrya tidak total yang harus hidupnya di musik, pendidikan diutamain juga," kata Yudi. "Makanya kalau kita enggak di musik pun kita udah ada spare, kita mau kerja ah," lanjutnya.

Gilang yang merupakan drummer cilik waktu itu akhirnya bekerja di sebuah perusahaan minyak.

Sementara Yudi memiliki usaha pet shop, dan Wahyu Adrianto menjadi pilot. "Keyboardis (Adri) sekolah pilot penerbangan, sekarang udah jadi kapten di Wings Air, Gilang di Total minyak, kebetulan dia dulu di ITB," kata Yudi.

"Gue, karena hidup di musik dan mau kerja enggak mau, gue bilang usaha aja, dariuang ngeband gue buat usaha. Usaha yang gue suka ya binatang itu (pet shop),"tambahnya. Dari mereka berempat saat itu salah satu anggota yang benar-benar menggantungkan hidup dari bermusik adalah Oji.

Sempat dibantu Yudi dengan membuka usaha pet shop namun gagal, Oji diakui pernah lama hilang. Ini juga alasan lain kenapa Wayang akhirnya ikut hilang dari panggung musik Tanah Air.

"Oji yang notabene hidup dia memang di situ, mengharapkan job itu, sampai akhirnya waktu itu dia memang kesusahan," kata Yudi. "Oji hilang bener-bener hilang, Enggak tahu gue. Gue enggak tahu keberadaannya di mana, gue nyari di mana, sampai orangtua gue meninggal pun dia enggak ada kabar," ujarnya.

Tapi akhirnya Yudi berhasil menemukan keberadaan Oji, di mana akhirnya hanya tersisa mereka berdua sebagai anggota asli Wayang yang tampil saat ini. Mereka pun akhirnya merekrut pemain lain yang kemudian telah menjadi anggota tetap Wayang.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Populer Tahun 1990-an dengan Lagu Damai, Begini Kabar Anggota Band Wayang Sekarang", Klik untuk baca: https://www.kompas.com/hype/read/2023/03/15/202804566/populer-tahun-1990-an-dengan-lagu-damai-begini-kabar-anggota-band-wayang?page=2.

Sumberkompas
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm