Ilustrasi mudik dan tarig bus mudik lebaran 2023
Ilustrasi mudik dan tarig bus mudik lebaran 2023 ( iStockphoto)

Pemudik Diperkirakan Melonjak Lebih dari 30 Persen, Ini Persiapan Operator Bus

16 Maret 2023 17:52 WIB

SonoraBangka.ID - Ikatan Pengusaha Otobus Muda Indonesia (IPOMI) memperkirakan jumlah penumpang bus akan meningkat lebih dari 30 persen selama periode mudik Lebaran 2023.

Ketua Umum IPOMI dan Direktur Utama PO SAN Kurnia Lesani Adnan mengatakan, perkiraan tersebut meningkat dibandingkan kenaikan jumlah penumpang bus saat periode mudik Lebaran 2022 yang sekitar 20-25 persen.

"Kalau belajar dari tahun lalu, peningkatannya cukup signifikan. Kurang lebih secara total mungkin bisa ada peningkatan sekitar 30-an up persen. Tinggi sebenarnya. Itu secara nasional ya," ujarnya setelah acara diskusi Forwahub di Gedung Kemenhub, Jakarta, Rabu (15/3/2023).

Untuk mengantisipasi lonjakan penumpang itu, operator bus yang tergabung dalam IPOMI telah menyiapkan sekitar 13.000 armada khusus untuk melayani pemudik di wilayah Sumatera dan Jawa.

Dia menambahkan, PO SAN sendiri sudah menyiapkan sekitar 29 armada yang siap dioperasikan selama periode mudik Lebaran 2023. Namun tahun ini, PO SAN fokus menambah ritase ketimbang menambah armadanya untuk mengejar keterangkutan pemudik.

"Kita (PO SAN) hanya meningkatkan utilisasi. Namun ada beberapa kawan-kawan yang menghire bikin bus tambahan, menghire bus pariwisata," ungkapnya.

Selain dari sisi armada, operator bus juga mempersiapkan kondisi bus meski pada dasarnya, kata dia, armada bus telah siap beroperasi pada masa angkutan lebaran.

Pasalnya, armada bus anggota IPOMI selama ini telah dirawat dan dicek kondisinya secara rutin serta selalu lolos uji kelaikan atau KIR.

"Dengan kondisi itu, kami lebih concernnya selain kendaraan ke SDM (sumber daya manusia) atau kru. Jadi kondisi kru, jumlah kru yang spare untuk rotasi supaya tidak kelelahan," jelasnya.

Dia berharap pada mudik Lebaran 2023, masyarakat bisa beralih menggunakan angkutan umum seperti bus. Sebab, dia melihat, meskipun pemerintah menginginkan masyarakat naik angkutan umum seperti bus, tetapi nyatanya banyak yang menggunakan kendaraan pribadi.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Pemudik Diperkirakan Melonjak Lebih dari 30 Persen, Ini Persiapan Operator Bus", Klik untuk baca: https://money.kompas.com/read/2023/03/16/164000126/pemudik-diperkirakan-melonjak-lebih-dari-30-persen-ini-persiapan-operator-bus.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm