Ilustrasi pemotor berkendara saat hujan(Dok. Yamaha)
Ilustrasi pemotor berkendara saat hujan(Dok. Yamaha) ( KOMPAS.COM)

Alasan Kenapa Motor Usai Kena Air Hujan Harus Segera Dibilas

16 Maret 2023 20:18 WIB

SONORABANGKA.ID - Adalah Memasuki penghujung Maret 2023, hujan lebat masih mengguyur beberapa wilayah di Indonesia. Dalam kondisi cuaca ini, ada beberapa anjuran bagi pengendara sepeda motor.

Setelah motor kehujanan, pengguna dianjurkan untuk segera membilas bodi motor dengan air bersih. Anjuran ini disampaikan oleh Johnson Wijaya, Promotional Manager PT Laris Chandra.

“Baik itu mobil atau motor sama saja, sebaiknya dibilas dengan air bersih setelah kehujanan. Lebih bagus lagi kalau disabuni,” ujarnya kepada Kompas.com di JIExpo Kemayoran, belum lama ini.

Motor tidak wajib diberikan sabun, namun poin utama yang harus dilakukan adalah membilas motor sepenuhnya dengan air bersih untuk menghilangkan sisa air hujan.

Menurut Johnson, air hujan yang menempel di motor akan membentuk bintik air. Bila tidak segera dibilas, bintik-bintik tersebut akan meninggalkan noda pada bodi motor.

“Bisa dicek di motor masing-masing, pasti ada noda bintik-bintik. Itu karena air hujan enggak langsung dibersihkan, akhirnya berjamur dan jadi ‘jerawat’ buat motor,” ujarnya.

Jika noda sudah banyak terakumulasi dan tampilan motor jadi kurang baik, solusi yang bisa dilakukan adalah memakai wax.

“Kalau pakai wax, noda-noda itu bisa langsung hilang. Siapkan saja 2 kain untuk pengaplikasian dan pengelapan. Ini bisa dilakukan di rumah dan enggak ribet,” ucap Johnson.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Alasan Kenapa Motor Sehabis Kena Air Hujan Harus Segera Dibilas", Klik untuk baca: https://otomotif.kompas.com/read/2023/03/16/131200315/alasan-kenapa-motor-sehabis-kena-air-hujan-harus-segera-dibilas.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm