Ilustrasi chipset Qualcomm Snapdragon 7 Plus Gen 2
Ilustrasi chipset Qualcomm Snapdragon 7 Plus Gen 2 ( Qualcomm)

Chip Qualcomm Snapdragon 7 Plus Gen 2 Meluncur, Berikut Spesifikasinya

17 Maret 2023 16:57 WIB

SonoraBangka.ID - Qualcomm resmi meluncurkan chipset kelas menengah terbarunya, Snapdragon 7 Plus Gen 2, suksesor dari Snapdragon 7 Gen 1 yang meluncur Mei 2022 lalu, dan kini menggunakan imbuhan nama "Plus". 

Sekadar informasi, chipset Snapdragon versi Plus biasanya meluncur setelah versi "reguler" diresmikan.

Namun, Snapdragon 7 Plus Gen 2 ini tampaknya tidak atau belum memiliki model reguler, sehingga chipset model Plus ini menjadi suksesor langsung Snapdragon 7 Gen 1.

Nah, sebagai penerus, Snapdragon 7 Plus Gen 2 kini hadir dengan sejumlah peningkatan signifikan. Pada sektor prosesor (CPU), misalnya, prosesor chipset ini memiliki kecepatan clock maksimal hingga 2,91 GHz. 

Di Snapdragon 7 Gen 1, CPU yang ada di dalamnya hanya memiliki kecepatan clock maksimal mentok di 2,4 GHz. 

Selain peningkatan kecepatan CPU, unit pengolah grafis (GPU) Adreno di Snapdragon 7 Plus Gen 2 juga diklaim dua kali lebih cepat dibanding Snapdragon 7 Gen 1. Lalu, konsumsi daya chipset ini juga diklaim 13 persen lebih hemat dibanding Snapdragon 7 Gen 1. 

"Snapdragon 7 Plus Gen 2 menghadirkan fitur unggulan ke dalam seri Snapdragon 7 Series, sehingga bisa diakses lebih banyak orang," jelas SVP dan GM of Mobile Handsets Qualcomm Technologies, Christopher Patrick, Jumat (17/3/2023). 

Fitur Snapdragon 7 Plus Gen 2

Selain komponen utama CPU dan GPU, fitur-fitur yang ada di Snapdragon 7 Plus Gen 2 juga turut mengalami peningkatan. Kini, chipset Snapdragon 7 Plus Gen 2 memiliki sensor gambar (Image Signal Processor/ISP) Qualcom Spectra Triple 18-bit. 

ISP ini mendukung konfigurasi satu kamera hingga 108 MP dengan mode pengambilan gambar dengan frame rate 30 FPS yang mendukung fitur pemotretan instan alias Zero Shutter Lag. ISP ini juga mendukung pengambilan foto hingga resolusi 200 MP.

Untuk perekaman video, SoC terbaru Qualcomm ini mendukung perekaman video 4K HDR dengan frame rate 60 FPS dan video slow motion 1080p dengan frame rate 240 FPS.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm