Kepala Otorita IKN Bambang Susantono berbincang dengan Menteri Pertanahan, Infrastruktur dan Transportasi Republik Korea Won Hee Ryong di Kantor OIKN, Jakarta, Jumat (17/3/2023).
Kepala Otorita IKN Bambang Susantono berbincang dengan Menteri Pertanahan, Infrastruktur dan Transportasi Republik Korea Won Hee Ryong di Kantor OIKN, Jakarta, Jumat (17/3/2023). ( KOMPAS.com)

Korea Selatan Tertarik Bantu Bangun Kota Digital di Ibu Kota Nusantara

18 Maret 2023 16:26 WIB

SonoraBangka.ID - Kepala Otorita Ibu Kota Nusantara (OIKN) Bambang Susantono mengatakan, dirinya sangat mengapresiasi niat dari pemerintah Republik Korea yang berniat untuk berkolaborasi dengan Indonesia dalam membangun Ibu Kota Negara baru.

”Pemerintah Indonesia dalam hal ini OIKN sangat terbuka untuk bekerja sama dengan semua pihak. Di bawah kepemimpinan Menteri Won, saya yakin kita dapat memilki kerja sama dan kolaborasi yang kuat dalam membangun Nusantara, Ibu Kota Indonesia yang baru,” katanya dalam keterangan resmi, dikutip Sabtu (18/3/2023).

Dalam pertemuan tersebut, Bambang menjelaskan bahwa Pemerintah Korea berencana ingin membantu dalam pengembangan kota digital di IKN tersebut.

Dengan demikian, wacana Otorita IKN ingin menjadikan IKN sebagai Kota Cerdas bisa terwujud. Apalagi Pemerintah Indonesia beberapa waktu lalu, pernah berkunjung ke Korea melihat langsung beberapa kota di sana sebagai referensi pembangunan IKN.

”Terima kasih kepada delegasi Korea yang datang dan menunjukan pengalaman dan keahliannya dalam digital transformation dan urban development. Jika kolaborasi ini bisa terjadi, saya akan semakin yakin Kota Nusantara akan menjadi kota yang berkelas dunia,” sambung Bambang.

Sementara itu, Menteri Pertanahan, Infrastruktur dan Transportasi Republik Korea, Won Hee Ryong bilang, Pemerintah Korea bersedia untuk berkolaborasi dan bekerja sama dengan OIKN dalam mewujudkan Nusantara sebagai kota yang cerdas dan memiliki teknologi yang canggih.

”Terkait dengan upaya kolaborasi, Korea membutuhkan adanya pertukaran data dan informasi terkait proyek IKN. Tak hanya itu, diperlukan juga koordinasi dan mendengar lebih lanjut apa saja kebutuhan dari IKN,” ujar Won.

Kata Won, pihaknya akan menyusun langkah-langkah konkret agar kolaborasi dengan OIKN dapat segera terwujud.

”Salah satu contoh langkah konret yang akan dilakukan adalah capacity building,” ucapnya.

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono mengunjungi empat kota di Korea Selatan pada tahun lalu, sebagai contoh pengembangan IKN.

Tinjauan tersebut karena keempat kota yang dimaksud mengimplementasikan prinsip Kota Baru, Kota Hijau (Green City), hingga Kota Cerdas (Smart City). Adapun empat kota yang dikunjungi Basuki meliputi Kota Sejong, Busan, Songsan, dan Songdo.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Korea Selatan Tertarik Bantu Bangun Kota Digital di Ibu Kota Nusantara", Klik untuk baca: https://money.kompas.com/read/2023/03/18/150000926/korea-selatan-tertarik-bantu-bangun-kota-digital-di-ibu-kota-nusantara.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm