Ilustrasi seorang mekanik mengganti oli mobil. (DOK. Shutterstock.)
Ilustrasi seorang mekanik mengganti oli mobil. (DOK. Shutterstock.) ( KOMPAS.COM)

Mitos atau Fakta, Mobil Tua Butuh Oli Mesin yang Lebih Kental?

18 Maret 2023 20:35 WIB

SONORABANGKA.ID - Adalah Beredar kabar bahwa mobil tua membutuhkan oli mesin lebih kental daripada spesifikasi yang sudah ditetapkan oleh pabrikan. Seperti diketahui, setiap produsen telah menentukan pelumas yang cocok untuk mobil tertentu.

Kekentalan oli mesin ini bisa dilihat dari spesifikasi oli seperti SAE. Semakin besar angka SAE maka pelumas tersebut semakin kental atau mempunyai viskositas makin tinggi di rentang suhu tertentu.

Tapi, tidak ada aturan khusus yang mengatur apakah mobil tua membutuhkan oli yang lebih kental atau tidak. Sementara di media sosial banyak beredar kabar bahwa mobil tua sebaiknya dilakukan penggantian oli yang lebih kental. Apakah itu benar atau cuma mitos belaka?

Foreman Nissan Bintaro Ibrohim mengatakan perlu atau tidaknya dilakukan penggantian oli mesin yang lebih kental tergantung dengan kondisinya.

“Harus ada alasan, kenapa viskositas oli mesin perlu dinaikkan, yang paling tepat ya sesuai spesifikasi yang dibutuhkan mesin, lebih kental kemungkinan sebagai langkah preventif saja,” ucap Ibrohim kepada Kompas.com, Sabtu (18/3/2023).

Dia mengatakan oli mesin yang lebih kental memiliki oil film yang lebih tebal, sehingga dapat menjadi solusi ketika jantung pacu mobil tua sudah bunyi agak kasar.

“Bisa sebagai solusi ketika mesin mulai bunyi agak kasar, karena oli mesin yang lebih kental bisa melindungi mesin lebih baik, agar celah olinya lebih terlapisi lagi, namun dampaknya tarikan mesin bisa menjadi lebih berat,” ucap Ibrohim.

Dia juga mengatakan selain mengubah spesifikasi pelumas menjadi lebih kental bisa juga dengan menggantinya dengan oli mineral.

“Oli mineral lebih kental, tapi mencarinya di era sekarang agak susah, kebanyakan semi atau ful sintetis, padahal yang viskositasnya kental biasanya oli mineral,” ucap Ibrohim.

Jadi, penggantian oli mesin dengan yang lebih kental tidak diperlukan kalau tidak ada alasan tertentu. Bengkel biasa menyarankan hal tersebut sebagai langkah antisipasi saja agar komponen mesin tetap terlindung seiring bertambahnya usia mobil.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Mitos atau Fakta, Mobil Tua Butuh Oli Mesin Lebih Kental?", Klik untuk baca: https://otomotif.kompas.com/read/2023/03/18/115200915/mitos-atau-fakta-mobil-tua-butuh-oli-mesin-lebih-kental-.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm