WhatsApp oleh Anton
WhatsApp oleh Anton ( pexels.com)

Jangan Asal Klik! Warga Babel Harus Tahu, Ada Penipuan Pemberitahuan Tilang ETLE via WhatsApp

19 Maret 2023 08:49 WIB

SonoraBangka.id - Di jaman sekarang ini, tidak sedikit modus penipuan yang menggunakan aplikasi WhatsApp.

Satu di antaranya adalah penipuan dengan modus pemberitahuan tilang ETLE via WhatsApp.

Jika Anda menerima WhatsApp yang isinya pemberitahuan dan meminta Anda meng-klik dokumen di dalamnya, maka jangan dilakukan.

Sebab ini adalah modus penipuan.

Kabid Humas Polda Bangka Belitung AKBP Jojo Sutarjo mengatakan masyarakat harus waspada dengan modus penipuan yang beredar mengatasnamakan tilang Electronic Traffic Law Enforcement ( ETLE) ini.

Pihaknya meminta masyarakat agar mengabaikan informasi pembayaran denda yang muncul melalui aplikasi Whats App tersebut.

"Beberapa hari ini, beredar pesan melalui Whatsapp terkait informasi pembayaran tilang elektronik. Kami imbau masyarakat tidak percaya dengan modus-modus seperti itu,"kata Kabid Humas Polda Bangka Belitung AKBP Jojo Sutarjo, Sabtu (18/3/2023) siang.

Ia menegaskan, pihaknya hanya mengirimkan berupa surat tilang melalui jasa pos ke alamat pelanggar.

Selanjutnya, surat yang diterima oleh pelanggar bisa dikonfirmasi oleh pelanggar dengan mengunjungi websites yang tersedia atau bisa langsung datang ke posko ETLE di Direktorat Lalu Lintas Polda Bangka Belitung. 

"Jadi kami sampaikan kepada masyarakat, apabila mendapatkan pesan dari nomor yang tidak dikenal agar diabaikan atau melaporkan ke Posko ETLE di Polda,"pesanya.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm