Ilustrasi seorang arsitek
Ilustrasi seorang arsitek ( MilanMarkovic)

Punya Peranan yang Penting, Inilah Prospek Kerja Profesi Arsitek

19 Maret 2023 09:40 WIB

SonoraBangka.idArsitek merupakan profesi yang memiliki peran penting dalam hal merancang dan memberikan saran estetika pada objek yang dibangun.

Hari Arsitektur Indonesia yang diperingati setiap tanggal 18 Maret setiap tahunnya jatuh di hari Jumat (18/3/2022) ini.

Selain itu, arsitek juga berperan penting dalam mendukung perencanaan dan perancangan kota, serta perencanaan dan perancangan lingkungan atau kawasan.

Maka dari itu, untuk menjadi seorang arsitek profesional, dibutuhkan pendidikan formal di tingkat S1 serta pelatihan khusus untuk mendapatkan sertifikasi.

Namun, bagaimana dengan prospek kerja profesi arsitek? Apakah akan terus terbuka lebar di masa depan?

Melansir Gramedia.com, peluang kerja di bidang arsitek akan selalu terbuka lebar sampai kapanpun.

Pasalnya, arsitek masuk ke dalam kategori profesi yang bersaing ketat di era pasar bebas ASEAN.

Selain itu, seperti disebutkan sebelumnya, arsitek juga memiliki peran yang sangat penting dalam hal pembangunan yang ada di masyarakat, misalnya merancang pembangunan kompleks sampai tata kota suatu negara.

Seorang arsitek juga bisa bekerja di mana saja, mulai dari di bidang industri, desain komersial, desain hunian, pertamanan, serta green building.

1. Arsitek bidang industri

SumberParapuan.co
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm