( )

Aman Dikonsumsi, Berikut 3 Tips Ketahui Telur Yang Masih Segar

19 Maret 2023 15:03 WIB

SonoraBangka.id - Jika kita beli telur yang sudah dalam kemasan di toko swalayan, umumnya tertera tanggal kedaluwarsa. Namun, tanggal kedaluwarsa tidak menjamin semua kondisi telur di dalam kotak bagus dan masih segar. Terkadang, ada satu atau dua butir telur yang kondisinya sudah buruk atau cenderung busuk. Setelah membeli telur, cek kondisinya apakah masih bagus dan aman untuk dikonsumsi. Dilansir dari The Spruce Eats, ada tiga cara mengecek telur yang masih segar dan aman untuk dikonsumsi.

1. Rendam telur di dalam air

Bahan dan alat yang dibutuhkan sederhana, yaitu mangkuk dan air. Masukkan air secukupnya ke dalam mangkuk dan masukkan telur ke dalamnya.  Jika telur tenggelam ke dasar mangkuk dan berputar ke samping, tandanya telur masih sangat segar. Jika telur tenggelam tapi mengapung miring atau berdiri tegak, tandanya telur sudah agak tua, berumur sekitar seminggu hingga dua minggu. Namun, telur ini masih bisa dimakan. Sementara itu, jika telur mengapung, tandanya telur sudah terlalu tua dan kualitasnya buruk sehingga tidak bisa dikonsumsi. Seiring bertambahnya usia telur, cangkangnya menjadi lebih keropos sehingga memungkinkan udara untuk mengalir ke dalam.  Semakin banyak udara yang masuk lewat cangkang, semakin besar pula sel udaranya sehingga ketika kantung udara cukup besar bisa membuat telur mengapung. Telur yang usianya agak tua lebih cocok cara masaknya direbus karena akan lebih mudah saat mengupas cangkangnya. 

2. Lihat bagian putih telur

Cara melakukan tes ini mudah. Pecahkan telur di atas piring dan perhatikan baik-baik konsistensi putih telur. Putih telur yang warnanya agak buram, tidak menyebar terlalu banyak, kental, dan lengket menandakan telur tersebut masih segar dan layak untuk dikonsumsi. Sementara itu, putih telur yang encer dan warnanya bening pertanda telur sudah tidak segar dan tidak layak untuk dikonsumsi. Bagian kuning telurnya juga berbentuk agak rata pada bagian atas, bukan bulat. 

3. Cium aroma telur

Telur yang busuk sebelum dipecahkan sudah tercium aroma tidak sedap dari cangkangnya. Saat dipecahkan, telur busuk baunya akan lebih menyengat lagi dan warnanya sudah berubah. Setelah mengetahui tiga cara mengecek telur yang masih segar dan aman dikonsumsi, kamu bisa simpan telur di lemari es.  Pastikan telur tetap tegak sehingga ujung yang lebih besar menghadap ke atas. Kuning telur ternyata lebih rentan terhadap proses pembusukkan daripada bagian putih. Kamu juga bisa membekukan telur untuk masa simpan yang lebih lama. Saat memasak telur, pastikan selalu dimasak hingga benar-benar matang. Hal tersebut karena bakteri jahat seperti salmonela bisa hidup di dalam cangkang.  Walaupun kamu sudah mencuci bersih telur tetapi kalau telur belum dimasak sampai matang, maka ada kemungkinan bakteri tersebut masih hidup. Jika kamu memiliki sistem kekebalan tubuh yang lemah, sedang hamil, atau lanjut usia, disarankan untuk membeli telur pasteurisasi

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "3 Tips Ketahui Telur yang Masih Segar dan Aman Dikonsumsi", Klik untuk baca: https://www.kompas.com/food/read/2023/03/16/203004675/3-tips-ketahui-telur-yang-masih-segar-dan-aman-dikonsumsi?page=all#page2.
Penulis : Diva Inggar Sabilillah
Editor : Yuharrani Aisyah

Kompascom+ baca berita tanpa iklan: https://kmp.im/plus6
Download aplikasi: https://kmp.im/app6

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm