ilustrasi cara menyimpan sayuran.
ilustrasi cara menyimpan sayuran. ( SHUTTERSTOCK/aomas)

Jauhi Dari Buah, Berikut 5 Cara Simpan Sayuran Agar Tetap Segar

19 Maret 2023 15:12 WIB

SonoraBangka.id - Kebanyakan sayuran tidak bisa disimpan dalam waktu lama, apalagi bila cara menyimpannya salah. Ada beberapa cara menyimpan sayuran yang bisa kamu ikuti. Cara ini dibagi menurut tempat berdasarkan jenis sayurannya. Beberapa sayuran cukup disimpan di suhu ruang, sebagian lainnya harus disimpan di suhu dingin untuk menjaga kesegaran. Dilansir dari The Spruce Eats, simak lima cara menyimpan sayuran agar tetap segar berikut ini.

1. Jangan simpan sayur dekat buah

Hal pertama yang harus diperhatikan adalah menjauhkan buah dari tempat menyimpan sayuran. Beberapa buah, seperti apel, kiwi, dan pir, menghasilkan etilen yang dapat mempercepat pematangan buah serta sayuran di dekatnya. Konteks pematangan cepat dalam hal ini adalah membuat sayuran menjadi cepat busuk, seperti layu, menguning, dan timbul bercak.

2. Simpan di suhu ruangan

Beberapa sayuran aman disimpan di tempat sejuk atau suhu ruangan untuk menjaga kualitas dan ketahanan simpannya. Suhu ideal yang dimaksud berkisar 10-21 derajat celsius. Jauh dari kelembapan, panas, dan cahaya. Biasanya berupa lemari dapur. Misalnya, kamu bisa menyimpan kentang, ubi jalar, labu, bawang merah, dan bawang putih di tempat ini. Pastikan menjaga jarak penyimpanan kentang maupun ubi jalar dengan bawang untuk mencegah tunas lebih cepat tumbuh. Sebaiknya pakai wadah organik seperti kardus atau keranjang rotan alih-alih plastik yang membuat aliran udara terjebak.   

3. Simpan tomat di meja dapur

Meja dapur biasanya dijadikan tempat penyajian sekaligus penyimpanan beberapa sayur, termasuk tomat. Selain lebih praktis mengambilnya saat akan memasak, menyimpan tomat di meja dapur merupakan pilihan paling tepat. Sayuran bulat berwarna merah ini tidak aman disimpan dalam kulkas karena akan mengubah teksturnya menjadi kasar, sementara bagian dalamnya lembek.

4. Simpan sayuran segar dalam stoples kaca 

Sayuran yang masih memiliki batang lengkap bisa disimpan di dapur untuk mempercantik ruang sekaligus memperpanjang umur simpannya. Kamu dapat menyimpan daun bawang dan asparagus dengan cara ini. Caranya, siapkan stoples kaca atau wadah serupa, isi dengan air hingga menutupi setengah bagian, masukkan batang sayuran ke dalamnya, Kesegaran asparagus setidaknya akan tetap terjaga selama seminggu ke depan, sementara akar putih daun bawang bisa saja mulai tumbuh dan bisa kamu manfaatkan sebagai tanaman di kebun rumah.

5. Simpan sayuran di kulkas 

Berbeda dengan sebelumnya, sejumlah sayuran lebih aman disimpan di tempat dingin untuk menjaga kesegarannya. Sayuran seperti terong, brokoli, kembang kol, kubis, wortel, seledri, paprika, timun, dan zukini bisa bertahan selama dua hari hingga dua minggu. Wortel dan lobak harus disimpan dalam kantong plastik untuk menjaga kesegarannya, sementara jamur sebaiknya dibungkus dengan kertas. Suhu kulkas yang direkomendasikan untuk menyimpan sayuran adalah nol sampai minus empat derajat celsius.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "5 Cara Simpan Sayuran agar Tetap Segar, Jauhi dari Buah", Klik untuk baca: https://www.kompas.com/food/read/2023/03/10/144012875/5-cara-simpan-sayuran-agar-tetap-segar-jauhi-dari-buah?page=all#page2.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm