Honda WR-V di IIMS 2023(HPM)
Honda WR-V di IIMS 2023(HPM) ( KOMPAS.COM)

Hanya 15 Mobil di Indonesia yang Dapat Rating 5 Bintang ASEAN NCAP, Berikut Daftarnya

19 Maret 2023 18:06 WIB

SONORABANGKA.ID - Adalah ASEAN New Car Assessment Program atau ASEAN NCAP, menguji dan memberikan rating keselamatan mobil-mobil yang dijual di wilayah Asia Tenggara termasuk mobil yang dijual di Indonesia.

Adrianto Sugiarto Wiyono, ASEAN NCAP Technical Committee, mengatakan, saat ini cukup banyak mobil yang dipasarkan di Indonesia mempunyai rating lima bintang yaitu predikat mobil dengan nilai keselamatan paling tinggi.

"Nah, ini data dari NCAP dari 2020-2023 itu mobil yang dipasarkan di Indonesia dan diuji di ASEAN yang dapat 5 bintang ada 15 mobil, dan yang 4 bintang hanya 1 sampai hari ini," kata Rian di acara Vehicle Safety Course di Politeknik APP Jakarta, Kamis (16/3/2023).

Dari data tersebut, Rian mengatakan sebetulnya para manufaktur alias produsen mobil cukup agresif untuk terus meningkatkan fitur keselamatan yang dijual untuk umum.

"Artinya apa, dari manufaktur sendiri sudah sangat peduli untuk meningkatkan keselamatan kendaraannya. Meningkatkan fitur keselamatan demi melindungi kostumer, melindungi manusia, ini salah satu bentuk manufaktur peduli terhadap keselamatan," kata dia.

"Saya ingat pasti yang dapat empat Bintang (Hyundai) Stargazer," kata Rian.

Para produsen mobil tahu apa saja kesalahan yang biasa dilakukan pengemudi. Sehingga di mobil-mobil terbaru ditambah fitur yang mampu meminimalisir kesalahan yang sama atau bahkan mencegah kecelakaan.

"Manufaktur membuat atau mengembangkan, oke manusia ini punya human error ini, kesalahan seperti apa dan saat punya kesalahan dibuatlah kendaraan seperti ini," kata Rian.

Mobil yang dijual di Indonesia yang sudah dites oleh ASEAN NCAP:

5 Bintang

  1. Toyota Innova
  2. Toyota Fortuner
  3. Toyota Corolla
  4. Toyota Hilux
  5. Toyota Veloz
  6. Honda WR-V
  7. Honda HR-V
  8. Honda BR-V
  9. Honda Civic
  10. Honda Accord
  11. Honda City
  12. Isuzu DMax
  13. Isuzu Mux
  14. Mitsubishi Outlander
  15. Hyundai Creta

4 Bintang

  1. Hyundai Stargazer

    Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Hanya 15 Mobil di Indonesia yang Dapat Rating 5 Bintang ASEAN NCAP, Ini Daftarnya", Klik untuk baca: https://otomotif.kompas.com/read/2023/03/19/070100515/hanya-15-mobil-di-indonesia-yang-dapat-rating-5-bintang-asean-ncap-ini.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm