Tes Tabrak Honda WR-V ASEAN NCAP(HPM)
Tes Tabrak Honda WR-V ASEAN NCAP(HPM) ( KOMPAS.COM)

Beda Tes Tabrak untuk Mobil Listrik dan Mobil Bermesin Konvensional

19 Maret 2023 21:23 WIB

SONORABANGKA.ID - Adalah Lembaga penilaian mobil baru untuk negara-negara Asia Tenggara atau ASEAN NCAP baru menguji mobil listrik VinFast VF e34. Tapi ke depan akan menguji merek lain.

Technical Leader of Asean NCAP, Yahaya Ahmad mengatakan, parameter pengetesan mobil listrik dan mobil bermesin konvensional kurang lebih sama. Tapi mobil listrik lebih kompleks menyangkut aspek kelistrikan.

"Yang penting penumpang di dalam tetap selamat (saat terjadi kecelakaan), baik itu mobil listrik maupun mobil biasa," ujar Ahmad di acara Vehicle Safety Course 2023/006 di Politeknik APP Jakarta, Kamis (16/3/2023).

"Perbedaannya, mobil listrik membawa baterai dan yang high voltage (tegangan tinggi). High voltage bisa menyebabkan current shock (syok)," ujar Ahmad.

Untuk diketahui, ada beberapa parameter pengujian dalam ASEAN NCAP, yakni Adult Occupant Protection (AOP) atau proteksi penumpang dewasa, Child Occupant Protection (CPO) atau proteksi penumpang anak, assist safety, termasuk keselamatan untuk pengendara motor.

Test crash atau uji tabrak yang dilakukan oleh ASEAN NCAP, yaitu uji benturan dari depan dan samping. Untuk mengetahui seberapa tahan unit mobil tersebut terhadap benturan, apabila terjadi musibah kecelakaan.

Unit mobil diisi manekin untuk mengetahui dampak benturan terhadap pengemudi dan penumpangnya. Kecepatan uji benturan biasanya maksimal 50 kpj. Diuji benturan dari depan dan samping.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Beda Tes Tabrak untuk Mobil Listrik dan Konvensional", Klik untuk baca: https://otomotif.kompas.com/read/2023/03/19/094100215/beda-tes-tabrak-untuk-mobil-listrik-dan-konvensional.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm